Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai Komit Tuntaskan 5 Pilar STBM Gesi di Desa Ceka Luju

Manggarai, WaktoeNTT.Net – TP-PKK Kabupaten menggarai kembali mengunjungi Desa Ceka Luju, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, dalam rangka Penguatan Kapasitas TP PKK Desa Ceka Luju, sekaligus Monitoring dan Supervisi STBM GESI tingkat Desa, Rabu(25/05/22).

Sebagai salah satu pilot projet Program STBM Gesi, Desa Ceka Luju merupakan 1 dari 7 desa penyanggah Wisata Wae Rebo.

Saat sosialisasi dilaksanakan, Wakil ketua TP-PKK, Ny. Florentina Ganggut Ngabut berkomitmen untuk menuntaskan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkesetaraan gender dan inklusi (GESI) di daerah itu.

banner 728x90

“Perlu dipahami, kami dari PKK Kabupaten Manggarai, turun langsung ke Desa ini atas utusan langsung dan Representasi dari Bupati dan Wakil Bupati Manggarai. Oleh karena itu kami berharap masyarakat Desa Ceka Luju mau menerima Perubahan,”Katanya.

Menurut dia, dalam menuntaskan program 5 pilar STBM dan Inklusi (GESI) perlu adanya kerjsama semua pihak, sehingga masalah masalah kesehatan bisa teratasi dengan baik.

Pertama, stop buang air besar sembarangan. Kedua, cuci tangan pakai sabun di waktu penting seperti sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, sebelum menyusui anak. Ketiga, pengolahan air minum dan makanan rebus air sebelum diminum dan tutup makanan agar terhindar dari lalat. Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga: memilah sampah daur ulang dan mengelolah sampah (dikumpulkan petugas kebersihan). Kelima, pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mengotori lingkungan,” terang Ny. Florentina.

Selain materi tentang 5 Pilar STBM dan Inklusi (GESI), Ny. Florentina juga mengajak TP-PKK Desa Ceka Luju untuk melakukan pemicuan ke beberapa rumah warga sebagai panduan, untuk mengedukasi secara langsung mengenai Sanitasi (5 Pilar STBM), sehingga TP PKK tingkat desa bisa melanjutkan tugas ke rumah-rumah lain untuk menemukan problem-problem lain yang ada di Desa Ceka Luju, terutama mendata keberadaan warga yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ dan Difabel.

Sementara, Camat Satarmese Barat, mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kabupaten Manggarai dalam mengedukasi warga secara langsung.

“Kami percaya kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat. Yang paling penting bagi kami, perlu kerjasama yang berkelanjutan dalam mencari jalan keluar dari permasalahan yang ditemukan di desa-desa, khususnya di Wilayah Satarmese Barat,”ungkapnya.

Dia pun berharap, sosialisasi tersebut bisa diterima dan dapat diterapkan oleh masyarakat ,demi mewujudkan Desa Ceka Luju yang sehat, maju dan makmur.

banner 728x90