Wabup Heri : Komitmen Niat dan Tekad di Butuhkan Dalam Penanggulangan Kasus Perdagangan Manusia

WaktoeNTT.Net – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut mengaku prihatin dengan maraknya kasus perdagangan manusia yang terjadi saat ini.

Hal itu di sampaikan Wabup Heri  saat membuka secara resmi rapat koordinasi Gugus Tugas Pencegahan Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PPTPPO) tingkat Kabupaten Manggarai, di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai, pada,Kamis (27/01/22)

banner 728x90

Dalam sambutannya, Wabup Heri menjelaskan, kasus perdagangan manusia merupakan salah satu persoalan yang harus di perhatikan secara serius.

Di Nusa Tenggara Timur khususnya, Wabup Heri sudah sering mendengar informasi tentang kejadian atau kasus perdagangan manusia, baik secara nasional maupun di daerah.

“Sudah banyak orang-orang kita bahkan berujung pada kematian. Bekerja di luar negeri, disiksa, disekap dan lain sebagainya. Hak asasi kemanusiaannya dicabut begitu saja, dieksploitasi oleh orang-orang yang menampung mereka untuk kepentingannya, dan harus menderita bahkan berujung pada kematian” katanya.

Maka dari itu, Wabup Heri meminta kepada Dinas PMKUT untuk mulai berfikir serius terkait kasus perdagangan manusia, sebab praktek ini dinilai sungguh merasuki cara hidup kita sebagai orang Manggarai.

“Kita harus mulai berfikir secara serius, bukan hanya mewaspadai tapi harus menanggulangi kejadian yang sudah terjadi selama ini” ujarnya.

Tugas Satgas kata Wabup Heri adalah tahu soal dan harus bisa menyelesaikannya, dan harus berkomitmen dalam penanganannya secara cepat dan tepat.

“untuk mengatisipasi, diminta untuk lakukan langkah preventif dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi yang masif ke masyarakat, Itu cara kita untuk mentransformasi pengetahuan untuk mewaspadai kejadian yang sudah kita dengar selama ini” ujar dia.

Satgas juga diminta untuk kerja profesioanl, bertanggung jawab terhadap tugas dan peran pencegahan pemberantasan TPPO.

“Ini tugas mulia, kita harus beri testimoni kesaksian selagi kita hidup apalagi dalam tugas sosial seperti ini. Tanggung jawab juga terhadap orang lain. Butuh komitmen, niat dan tekad untuk mengalirkan kebaikan kepada sesama khususnya dalam penanggulangan kasus perdagangan manusia” tutup Wabup Heri.

Untuk di ketahui, rapat koordinasi Gugus Tugas Pencegahan Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PPTPPO) tingkat Kabupaten Manggarai terlaksana hasil kerja sama antara Dinas Penanaman Modal, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (PMKUT) Kabupaten Manggarai bersama International Organization of Migration (IOM).

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.