Berita  

TP PKK Manggarai Gelar Bimtek Kader Dasawisma dan STBM GESI Kelurahan Compang Carep

Ruteng,WaktoeNTT.Net – TP PKK Kabupaten Manggarai melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kader Dasawisma dan Kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang Berkesetaraan Gender dan Inklusif (STBM GESI) PKK Tingkat Kelurahan Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, pada Rabu (16/02/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Langke Rembong, Yohanes E. A. Ndahur.

banner 728x90

Camat Emiliano menyampaikan terima kasih dan apresiasi TP PKK Kabupaten Manggarai yang secara serius menyiapkan kelompok perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan.

“Saat ini, kegiatan pembangunan bukan semata-mata kerja pemerintah. Pembangunan bangsa, pembangunan daerah dilaksanakan oleh seluruh elemen bangsa, termasuk di dalamnya adalah masyarakat itu sendiri. Itulah model pembangunan dewasa ini, pembangunan yang partisipatif. Tugas pemerintah memastikan keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat dalam pembagunan,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini pula, dirinya juga meminta agar Lurah dapat memastikan para RT untuk bersinergi dengan kader dasawisma.

“Ibu-ibu ini adalah mitra kita. Kita harus membuka diri selebar-lebarnya bagi siapa saja yang mau membangun masyrakat dengan tulus, termasuk ibu-ibu kelompok dasawisma. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten yang telah menyediakan media ini,” tutup pria yang akrab disapa Emil ini.

Sementara Lurah Compang Carep, Felko Magur, juga menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan siap mendukung untuk kelancaran kegiatan ini.

“Kami siap bekerja sama dan membuka diri untuk kelompok Dasawisma dalam kerja-kerja untuk kebaikan masyarakat,” tegas alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014 itu.

Kegiatan selanjutnya diisi oleh Ketua dan Wakil Ket TP PKK Kab dan beberapa anggota Pokja TP PKK Kabupaten Manggarai. Bimtek diberikan kepada 13 Kader Dasawisma, Kelurahan Compang Carep.

Beberapa isu strategis yang disampaikan dan didiskusikan selama pelaksanaan Bimtek antara lain, kegiatan bimtek tersebut merupakan salah satu langkah untuk membekali kader Dasawisma di kelurahan supaya dapat melaksanakan tugas kedasawismaannya dengan benar secara prosedur dan tepat secara sasaran.

Selain itu, dalam penyelenggaraan pemerintahan, keandalan data dan informasi adalah salah satu elemen paling penting sehingga kehadiran dasawisma diharapkan akan membantu dan menjamin pemerintah dalam setiap proses pengambilan kebijakan pembangunan daerah.

Secara khusus data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka pengajuan proposal bantuan dana kepada Pemerintah Pusat, K/L dan Provinsi untuk kepentingan Kabupaten Manggarai.

Selain membantu pemerintah melakukan kegiatan edukasi dan pemicuan, kader dasawisma juga diharapkan mampu menjadi ujung tombak dalam setiap kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan di lingkungan pelayanan masing-masing. Seperti kebersihan lingkungan masyarakat, urusan ketertiban dan keamanan umum, mobilitas sosial, peristiwa budaya, ekonomi kreatif, AMPL, pemberdayaan prempuan dan perlindungan anak, PMKS, dan urusan pelayanan dasar lainnya, STBM GESI.

Untuk diketahui, TP PKK Manggarai telah melakukan berbagai prosedur MoU dengan beberapa lembaga mitra pemerintah JPIC Keuskupan dan/atau NGO (PLAN Internasioanl, Konsultan Diafbel, KDRT, dll.

Sehingga kelurahan dapat memanfaatkan peluang ini guna memperoleh pendampingan dan bantuan konsultasi terhadap setiap persoalan yang terjadi di masyarakat.

Pemkab Manggarai bersama TP PKK Kabupaten Manggarai juga menempatkan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Adapun langkah yang ditempuh adalah pendampingan Dasawisma di lingkungan masyarakat dalam beberapa bentuk kegiatan seperti koperasi, ikan air tawar, hortikultura, dan lain sebagainya.

Hal lainnya adalah keberadaan wahana literasi di kelurahan harus dimanfaatkan setiap anak dengan pola dan metode yang ringan dan menyenangkan (informal); PAUD wajib bagi anak usia dini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Wakil Ketua berserta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Manggarai, Camat Langke Rembong, Lurah beserta jajaran, utusan TP PKK Kecamatan Langke Rembong, Yayasan PLAN International dan Pengurus TP PKK Kelurahan Compang Carep.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.