Tim STBM Kecamatan Cibal Libatkan Kaum Difabel Dalam Mensosialisasikan Hidup Bersih dan Sehat

WaktoeNTT.Net – Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pola hidup bersih dan sehat membuat pemerintah harus berupaya keras untuk menanganinya.

Salah satunya melalui program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) atau juga dikenal dengan sebutan Community Lead Total Sanitation (CLTS).

banner 728x90

STBM dicanangkan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat akan kesehatannya.

Namun ada hal berbeda yang dilakukan tim STBM Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bersama Yayasan PLAN Indonesia, tim STBM Kecamatan Cibal melibatkan kaum Difabel untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mampu membudayakan hidup bersih dan sehat.

Keterlibatan Kaum Difabel dalam mensosialisasikan hidup bersih dan sehat tertuang dalam SK bagi tim STBM Kecamatan Cibal.

Ketua tim STBM, Vincencius Remigius Sama yang juga menjabat sebagai Camat di Kecamatan Cibal, kepada Waktoentt.net pada Kamis (24/03/22) mengatakan, keterlibatan kaum difabel diberikan peran kemudian mereka dilibatkan dalam kegiatan berbagai STBM.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tujuan keterlibatan kaum difabel dalam Tim STBM tingkat Kecamatan selain masuk dalam SK tetapi mereka harus diberikan peran, kemudian mereka dilibatkan dalam kegiatan apa pun, mereka juga perlu didengar apa yang mereka sampaikan.

“Kami berharap kepada para kepala desa se-Kecamatan Cibal, kalau bisa dalam SK tim STBM desa harus memasukkan teman-teman disabilitas dalam SK tersebut,”jelas Camat Remi.

Menurut dia, keterlibatan kaum Difabel dalam tim STBM untuk mensosialisasikan hidup sehat dan bersih di masyarakat sangat penting, salah satunya memberikan edukasi bagi kaum Difabel yg lain.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.