Berita  

Terkait Penanganan Sampah di Kota Ruteng, DLHD Sambangi Kantor Camat Langke Rembong

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus menyambangi Camat Yohanes E. A. Ndahur, untuk membahas masalah penanganan sampah di Kota Ruteng, pada Rabu (16/02/22).

Selain membahas persoalan penanganan sampah juga membahas rencana ruang diskusi yang akan dibangun antara Kelurahan se-Kecamatan Langke Rembong dengan pihak DLHD.

banner 728x90

Adapun Pembahasan yang dilakukan adalah manajemen pengelolaan sampah termasuk pemanfaatan sarana dan prasarana berupa kendaraan bemotor roda tiga pengangkut sampah lingkungan dan retribusi sampah yang menjadi tanggung jawab pungutan pada pihak kelurahan.

Camat Langke Rembong yang akrab disapa Emil, menjelaskan rapat terkait pengelolaan sampah di Kecamatan Langke Rembong sudah pernah dilakukan bersama para Lurah/Plt lurah/Sekretaris Lurah se-Kecamatan Langke Rembong.

Adapun beberapa catatan penting yang sudah dibahas yakni dana penunjang operasional kendaraan bermotor roda 3 pengangkut sampah, pembiayaan operator kendaraan bermotor roda 3 pengangkut sampah, dan beban serta risiko kerja para operator.

Menurut Camat Emil, yang perlu mendapat perhatian adalah beban serta risiko kerja para operator perlu menjadi perhatian serius. Operator saat ini berjumlah 20 orang dengan pendiatribusian 1 orang per kelurahan.

“Terkait hal ini, perlu dipertimbangkan penambahan jumlah operator untuk mengantisipasi operator yang sakit. Belum lagi persoalan ancaman risiko kerja bagi para operator yang akan ‘bergaul akrab’ dengan sampah. Ini perlu diperhatikan sehingga perlu dipikirkan tentang penambahan upah kerja bagi para operator” ujarnya.

Di samping itu, terkait keberlanjutan kinerja kendaraan pengangkut sampah, perlu menjadi perhatian serius. Kondisi penting khususnya terkait suku cadang maupun alokasi bahan bakar yang menjamin keberlanjutan operasional kendaraan.

Saat ini sejumlah kendaraan mulai mengalami kerusakan sehingga perlu dukungan dana untuk perbaikan.

Camat Emil mengungkapkan, bahwa Penanganan persoalan sampah merupakan perhatian serius Bupati dan Wakil Bupati Manggarai karena merupakan salah satu program untuk mewujudkan Kota Ruteng khususnya dan Kabupaten Manggarai umumnya sebagai daerah yang bersih dan asri.

“Kami yang hadir dalam rapat waktu itu berkomitmen untuk menangani persoalan sampah. Namun perlu ada atensi serius dari para pemangku kepentingan. Dukungan prasarana yang memadai merupakan hal yang penting sehingga perlu kita suarakan bersama,” pungkasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.