SMPN 1 Poco Ranaka Gelar Pemilihan Ketua OSIS Periode 2022/2023

Waktoentt.net – SMPN 1 Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur menggelar kegiatan pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 pada Kamis, (08/09).

Kegiatan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka.

banner 728x90

Di tahun ini, salah satu tema yang diambil oleh SMPN 1 Poco Ranaka ialah Suara Demokrasi. Tema ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan pemilihan ketua OSIS.

Kordinator kegiatan Selviana M. Ngara, S.Pd, Gr. menjelaskan pemilihan ketua OSIS menjadi salah satu wadah bagi para peserta didik untuk dapat belajar berorganisasi karena seluruh desain kegiatan (sosialisasi, kampanye calon, hingga pemilihan, red) dirancang dan dijalankan oleh peserta didik.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini para peserta didik dapat semakin memahami bagaimana jalannya proses demokrasi beserta segala dinamikanya karena para peserta didik mengalami langsung keseluruhan proses dan dinamika pemilihan.

“Kiranya dengan pembelajaran berbasis proyek seperti ini peserta didik dapat semakin menghayati nilai-nilai demokrasi lalu kemudian dapat menjalankannya dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkap Ibu Selvi.

Proses pemungutan suara berlangsung dari pukul 08.30 sampai 11.00. Suasananya berlangsung dengan tertib dan aman. Setiap divisi kerja menjalankan tugasnya dengan baik.

Saat ditemui di ruang Sekretariat KPO SMPN 1 Poco Ranaka, Ketua KPO SMPN 1 Poco Ranaka, Filio Ngkahar menjelaskan, kegiatan pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya para siswa yang boleh memilih. Di tahun ini, KPO mengambil keputusan untuk mengikutsertakan seluruh warga sekolah. Para guru dan pegawai juga dalam proses pemilihan,” imbuh Filio.

Setelah proses pemungutan suara selesai, tibalah pada saat yang ditunggu yakni penghitungan suara. Para calon, tim sukses, dan pendukung mengikuti proses penghitungan secara saksama.

Terdapat 366 guru, pegawai, dan peserta didik yang ikut dalam pemungutan suara.

Dari kegitatan ini didapatkan hasil sebagai berikut: Calon nomor urut 1, Fransiska F. Jeli memperoleh 83 suara (22,68 %). Calon nomor urut 2, Vioni V. Elisen memperoleh 69 suara (18,85 %).

Calon nomor urut 3, Margareta S. Simal memperoleh 152 suara (41,53 %). Calon nomor urut 4, Petrasia F. Montani memperoleh 47 suara (12,84 %). Surat suara tidak sah berjumlah 15 (4,1 %). Dari hasil perolehan suara tersebut, KPO menetapkan Margareta S. Simal atau yang biasa disapa Gret sebagai ketua OSIS periode 2022/2023.

banner 728x90