SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng Merayakan Hari Jadinya Yang Ke 50 Tahun

WaktoeNTT.Net – Bupati Manggarai, Herybertus G. L Nabit, menghadiri acara misa syukuran Ulang Tahun yang ke 50 SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng, pada Jumat (28/01/22).

Dengan mengangkat tema “Emas Dalam Mengabdi Mencerdaskan Dan Menjadi Cahaya yang BerKanjang” perayaan HUT ke 50 tersebut diawali dengan Misa Syukuran yang di hadiri oleh para alumni dan juga para siswa/siswi.

Kepala Sekolah SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng , Fransiskus R. Rusman dalam sambutannya mengatakan sebagai sekolah tertua di Kabupaten Manggarai, SMAK St. Thomas Aquinas punya peran yang besar dalam dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Manggarai.

Dia menjelaskan, lembaga pendidikan yang berdiri pada 28 Januari 1970 itu turut memberi andil yang sangat besar dalam melahirkan tokoh-tokoh penting yang mampu berkontribusi dalam perkembangan daerah hingga ke tingkat nasional.

“kalau dilihat dari sejarah, lembaga pendidikan ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat. Banyak cerita dari para alumnus yang pernah mengenyam pendidikan di lembaga ini dan sekarang menjadi tokoh-tokoh penting di beberapa instansi Pemerintahan di Kabupaten Manggarai, bahwa lembaga ini dulunya sebagai sekolah swasta terbaik”,katanya.

Lanjut dia, seiring dengan berjalannya waktu, banyak tantangan yang dihadapi, baik internal maupun eksternal.

Namun, karena semangat dan komitmen para pendiri sekolah yang telah meletakan dasar yang sangat kuat, berbagai tantangan itupun bisa dilalui dengan baik.

“SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng pernah menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Manggarai. Ini berkat tokoh-tokoh penting terdahulu, khususnya para pengelola dan guru yang memiliki komitmen besar untuk memajukan lembaga ini”,ungkapnya.

Sementara Bupati Hery dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas Ulang Tahun ke-50 SMAK St. Thomas Aquinas. Ia juga mengapresiasi konsistensi sekolah tersebut karena masih berdiri kokoh hingga kini, dan berhasil melalui berbagai masa sulit yang sudah dialami.

“Limpah terima kasih atas nama pemerintah, karena alumni SMA St. Thomas Aquinas sudah tersebar dari Sabang sampai Marauke. Terima kasih untuk jaga dan pengabdian dari segenap civitas akademika St. Thomas Aquinas. Doa kami, Pemerintah Kabupaten Manggarai semoga karya lembaga ini pada masa-masa mendatang akan semakin terlihat dan semakin kontributif untuk terwujudnya masyarakat Manggarai yang maju, adil dan memiliki daya saing”katanya.

Di depan para guru-guru dan siswa/siswi serta undangan yang hadir, Bupati Hery meyakini bahwa pemilihan nama St. Thomas Aquinas Ruteng bukan tanpa alasan, tetapi memiliki arti sebagai pujangga gereja dan pujangga malaikat yang menekankan pentingnya keselarasan akal budi, iman, intelektual, moral, pikiran dan hati.

Bupati Hery berharap, SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tetap konsisten dalam melahirkan manusia-manusia pembelajar dan tetap membina anak-anak Manggarai menjadi lebih baik. ko

banner 728x90
Penulis: ED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.