Rayakan HUT ke 31, Perumda Air Minum Tirta Komodo Laksanakan Giat Tanam Pohon di Sumber Wae Pong Waso

WaktoeNTT.Net – Dalam rangka memperingati HUT ke 31, Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai melaksanakan giat penanaman pohon, pada Rabu (13/04/22).

Giat penanaman anakkan pohon tersebut dilaksanakan di salah satu sumber mata air milik Perumda Tirta Komodo tepatnya di Wae Pong, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Manggarai, Herybertus G.L Nabit, Pimpinan Perangkat Pemda Manggarai, Kasdim Kodim 1612; Mayor Inf. Ery Ninu, Kasat Samapta Polres Manggarai; Iptu.Orlando Alves, Sekertaris Pengadilan Negeri Ruteng; Mario Adolfino, Utusan Kejaksaan Negeri Manggarai, Bank BRI, BNI, siswa/siswi dari SMAK Sadar Wisata Ruteng, SMA Fransiskus Xaverius, Universitas Katolik (Unika) St.Paulus Ruteng, STIE Karya dan utusan Komunitas Awas.Com.

banner 728x90

Bupati Hery dalam sambutannya mengatakan, tantangan Pemkab Manggarai saat ini adalah bagaimana menyediakan air minum bersih bagi masyarakat.

Pemenuhan kebutuhan air minum bersih bagi masyarakat Manggarai bukan hanya terjadi saat ini saja, namun tantangan ini sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu, hingga saat ini.

menyelesaikan permasalahan, harus perlu tambahan ekstra kerja keras, tapi kerja hari ini perlu kolaborasi, perlu keterlibatan dari semua pihak“,Katanya.

Menurutnya, ada banyak pihak yang menunggu untuk dilibatkan dalam kegiatan seperti ini.

pihak yang ingin terlibat bukan soal berapa anggarannya, namun karena mereka merasa bahwa Manggarai bukan milik segelintir orang tapi milik semua orang Manggarai“,Ungkap Politisi PDIP itu yang biasa di sapa Hery Nabit.

Maka dari itu , Bupati Hery Nabit minta kepada Perumda Air Minum Tirta Komodo untuk terus menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon.

untuk seluruh jajaran Perumda Tirta Komodo, saya minta kegiatan seperti ini bisa dilakukan 3 atau 4 kali dalam setahun, dengan harapan bahwa kekurangan debit air yang terjadi selama ini, bisa diatasi dengan terus melaksanakan giat penanaman pohon“,tutupnya.

Sementara, Dirut Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselinus Sudirman mengatakan giat penanaman pohon ini merupakan program unggulan kedepannya.

kami dari jajaran Perumda Tirta Komodo sudah mencanangkan penanaman pohon menjadi salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan setiap 3 bulan“,jelasnya.

Menurut Dirut Marsel , Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan menjaga ketersediaan air baku yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai.

Maka dari itu kata dia, penanaman pohon ini akan dilaksanakan disetiap sumber mata air yang ada di Manggarai.

Terima kasih bagi orang – orang yang sudah berjasa sebelumnya. Sudah membesarkan Perumda Tirta Komodo sampai saat ini. Kalau sebelumnya mereka bisa membangun gedung bagi perusahaan ini, tapi saya coba untuk menanam pohon disetiap sumber mata air dengan harapan generasi penerus bisa merasakannya“,ungkapnya.

itu makanya saya bersama jajaran perusahaan, mengangkat tema penanaman pohon ini dengan tema ” Mari Wariskan Mata Air, Bukan Air Mata” bagi generasi penerus“,tutupnya.

Terpisah, salah satu warga asal Kelurahan Waso, Anselmus Acak (52) saat dimintai tanggapan terkait giat penanaman pohon di Sumber Wae Pong Waso mengatakan, siap untuk mendukung program dari Pemda Manggarai serta Perumda Tirta Komodo.

apapun program yang tujukan bagi kepentingan orang banyak, saya sebagai orang asli waso akan selalu siap mendukung“,katanya.

(Salah satu warga Asal Waso, Anselmus Acak, Foto: Alan Grasilan)

Maka dari itu, dirinya berharap giat penanaman pohon, terus dilakukan agar debit air bisa bertambah dan kebutuhan air minum bersih bisa terpenuhi.

Untuk diketahui, debit air di Sumber Wae Pong saat ini memiliki kapasitas sumber 100 Liter perdetik.

Dari Kapasitas sumber 100 liter perdetik, produksi sumber Wae Pong hanya memproduksi 70 liter perdetik dan 22% nya belum terpakai.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.