Ratusan Masyarakat Kelurahan Pau Gelar Parade Merah Putih Sebagai Puncak Perayaan HUT RI ke-77

Manggarai,WaktoeNTT.Net – Semarak peringati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tampak terasa di tengah masyarakat Indonesia.

Berbagai kegiatan digelar dalam memperingati HUT RI ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

Salah satunya, kemeriahan yang dibuat sejumlah masyarakat Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

banner 728x90

Bendera Merah Putih yang berukuran kecil menghiasi sepanjang jalan.

Bendera dan umbul-umbul yang terpasang menjadi pagar bagi masyarakat kelurahan Pau dalam melaksanakan Parade Merah Putih.

Pantauan media ini saat berada di lokasi, pada Kamis 18 Agustus 2022, lautan manusia memadati jalan di wilayah Kelurahan Pau itu, dimana Wae Locak merupakan titik star awal parade merah putih dan Natas/Lapangan Kampung Ngawe menjadi titik akhir.

Lurah Pau, Yustinus J. Janta sekaligus penanggung jawab kegiatan mengatakan, Parade Merah Putih dilaksanakan untuk mengingatkan generasi sekarang bahwasannya, kemerdekaan yang direbut dulu tidaklah mudah, semudah membalikan telapak tangan.

“kegiatan parade merah putih yang kami gelar memiliki tujuan penting, bagaimana membangkitkan rasa nasionalisme dari anak-anak muda jaman sekarang, mengingatkan kepada kepada mereka, bahwa kemerdekaan yang direbut dari penjajah oleh pahlawan tidaklah mudah. Nyawa menjadi taruhan,” ungkap Lurah yang baru 2 bulan menjabat sebagai lurah itu.

Selain itu, untuk mengisi hari kemerdekaan, lanjut dia, masyarakat juga mengikuti berbagai kegiatan berupa lomba.

“kami juga menggelar berbagai jenis lomba yakni, lomba makan kerupuk yang pesertanya terdiri dari anak usia 7-10 tahun, lomba lari karung, lari balon, lomba menari, menyanyi, fashion show, lomba kebersihan tingkat RT/RW, dll,”jelasnya.

“semua itu kami laksanakan, hasil kekompakan masyrakat kelurahan Pau dalam memeriahkan HUT RI ke-77,”tambahnya lagi.

Anak-anak yang merupakan peserta Parade Merah Putih dengan balutan Busana Adat Khas Indonesia/Foto: Alan Grasilan

Ia pun berpesan, hal yang wajib dilakukan generasi sekarang yakni, menghormati dan menghargai, serta mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan. Tanpa jasa para pahlawan, Indonesia tak akan mencapai kemerdekaan.

“bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita masyarakat Indonesia, khususnya warga kelurahan Pau untuk selalu mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan demi mewujudkan cita-cita bangsa”tutupnya.

banner 728x90