Puncak Golo Renda, Obyek Wisata Alam Religi Yang Tersembunyi

WaktoeNTT.Net – Terlihat indah, pemandangannya membentang. Di tengah-tengah gemericik hujan yang turun, tak menyurutkan semangat Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut berserta rombongan untuk melihat keindahan Golo Renda, Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Jalan berkelok serta mendaki menuju Golo Renda menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Pada sisi kiri dan kanan jalan ditumbuhi rumput-rumput liar disertai dengan hembusan angin yang sejuk.

banner 728x90

Pemandangan itu semakin menambah eksotis, kala melihat indahnya bentangan sawah yang nampak menguning dari arah Barat sampai Timur, dari puncak gunung Golo Renda.

Pemandangan alamnya masih asli karena berada di puncak bukit yang asri. Plus, sejuknya udara bisa mebuat kami terasa lebih rileks.

” indah sekali tempatnya ini, kok saya baru tahu ada tempat indah seperti ini dan ada gua Marianya, ini bisa dijadikan wisata Holistik”,ungkap Wabup Heri dengan penuh kagum melihat pemandangan dari puncak Golo Renda.

Politisi Partai Golkar itu tak henti-hentinya mengagumi indahnya bentangan sawah dibawah kaki puncak Golo Renda.

(Puncak Golo Renda, Foto: Alan Grasilan)

“Pak Kadis, lihatlah awan tipis yang menyelimuti sawah-sawah itu, sungguh indah sekali”,ungkapnya dengan kagum sambil memanggil Kadis Pendidikan, Fransiskus Gero sambil menunjuk ke arah persawahan Cancar.

Wabup Heri Ngabut mengatakan, Golo Renda bisa dijadikan sebagai obyek wisata religi bagi masyarakat Manggarai.

Golo Renda menawarkan keindahan hamparan bukit dibaluti pepohonan hijau sejauh mata memandang. Hamparan padi sawah hijau menguning dan rumah-rumah penduduk di lereng-lereng bukit dan lembah sangat indah.

Dalam kesempatan itu, Wabup Heri meminta kepada Kepala Desa Bea Kakor untuk memanfaatkan potensi obyek wisata itu untuk membawa pendapatan asli desa (PAD).

“tolong tempat ini ditata dengan baik, bersihkan jalan menuju ke atas puncak. Jangan lupa ajak masyarakat untuk buat kuliner agar ada pendapatan juga bagi masyarakat sekitar”, Ujarnya.

Sementara, Kades Bea Kakor, Arnoldus Sampur mengatakan, pihaknya sudah siap menata obyek wisata itu.

“kami sudah membahas ini bersama masyarakat. Dalam rancangan yang sudah disepakati, kami akan memperbaik jalan masuk, tempat parkir dan jalur tracking menuju puncak bukit Golo Renda”,katanya .

Golo Renda merupakan obyek wisata religi yang merupakan salah satu lokasi bidikan untuk dijadikan lokasi pariwisata holistik yang ada di wilayah Paroki St Klaus Kuwu.

Di atas puncak bukit Golo Renda telah dibangun gua Maria yang menjadi tempat wisata religi bagi umat di Paroki St Klaus Kuwu. Dari puncak bukit Golo Renda juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.