Berita  

Profil Volodymyr Zelensky, Dari Komedian Hingga Menjadi Presiden Ukraina

WaktoeNTT.Net – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky merupakan orang nomor satu yang diburu Rusia.

Presiden Ukraina tersebut akhir-akhir ini menjadi sorotan. Info terbaru, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memilih bertahan di ibu kota Ukraina, Kiev, meski pasukan Rusia sudah mendekat. Dia ingin mempertahankan kedaulatan Ukraina meski menjadi target buruan pasukan Rusia.

banner 728x90

Sebagai tokoh dunia yang di sorot dan menjadi target Rusia, siapa sebenarnya profil Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky?

Di kutip dari berbagai sumber, Volodymyr Zelensky merupakan Presiden Ukraina keenam dalam sejarah berdirinya negara tersebut. Ia terpilih sebagai Presiden Ukraina sejak 2019 lalu.

Dalam kancah perpolitikan, lelaki 44 tahun ini memiliki latar belakang yang unik. Sebelum menjadi presiden, ia merupakan seorang aktor, penulis skenario film, dan komedian. Ia tak memiliki rekam jejak politik sebelumnya.

Presiden Volodymyr Zelensky merupakan seorang sarjana hukum lulusan Institut Ekonomi Kryvyy Rih, yang merupakan kampus lokal Universitas Ekonomi Nasional Kiev.

Meski bergelar sarjana hukum dan memiliki lisensi praktik hukum, Volodymyr Zelensky memilih menekuni dunia teater dan aktif di kompetisi komedi improvisasi populer pada tahun 1997.

Lalu pada 2011, Volodymyr Zelensky diangkat sebagai produser umum di Inter TV, salah satu stasiun televisi di Ukraina.

Volodymyr Zelensky pun memiliki karir yang cemerlang di dunia hiburan. Volodymyr Zelensky yang merupakan seorang komedian, kerap muncul di sejumlah film layar lebar dan film lainnya.

Pada tahun 2015, Volodymyr Zelensky memerankan tokoh fiktif bernama Vasiliy Goloborodko dalam serial televisi berjudul Servant of the People. Serial komedi yang diperankan oleh Zelensky ini mengangkat isu politik tentang pemberontakan dan korupsi yang tengah terjadi di Ukraina pada saat itu.

Menariknya, tokoh Vasiliy Goloborodko yang dimainkan oleh Volodymyr Zelensky diceritakan sebagai seorang guru sekolah biasa yang menjadi Presiden Ukraina meskipun tak memiliki latar belakang politik sebelumnya. Sebagai presiden, Goloborodko diceritakan berjuang memberantas korupsi yang menggerogoti Ukraina.

Berkat pendekatan Servant of the People yang menyoroti isu politik terkini tersebut, serial tersebut dengan cepat menjadi populer dan digemari masyarakat secara masif.

(Serial Komedi Servant Of The People yang di perankan oleh Volodymyr Zelensky, Foto : Istimewa)

Tiga tahun berselang setelah serial Servant of the People dirilis, tepatnya pada tahun 2018, Volodymyr Zelensky mendaftarkan sebuah partai politik yang diberi nama Studio Kvartal 95.

Namun yang menarik dari nama partai politik tersebut adalah Studio Kvartal 95 merupakan nama studio dimana Volodymyr Zelensky bersama teman-temannya pertama kali terjun ke dunia industri hiburan.

Pada tahun 2018 Studio Kvartal 95 mendaftarkan sebuah pertai politik yang di beri nama Servant of the People sebagaimana judul serial televisi yang dimainkan Zelensky. Lewat partai inilah, Zelensky terjun ke dunia politik.

Menjadi Presiden Ukraina.

Pada 2019, komedian cum aktor cum penulis skenario film, Volodymyr Zelensky menyalonkan diri dalam pemilihan Presiden Ukraina.

Langkah politik yang dilakukan oleh Volodymyr Zelensky ini dipandang sebelah mata oleh banyak pihak. Banyak politikus yang menganggap pencalonan Volodymyr Zelensky sekadar guyonan belaka.

Namun, tak disangka, Zelensky justru memenangkan pemilu Ukraina. Di lansir dari Aljazeera, pada putaran pertama pemilu 2019, Zelensky mendapatkan 30 persen suara, yang mana merupakan yang tertinggi dari 39 kandidat lainnya.

Pada putaran kedua pemilu, Zelensky kembali membuat kejutan dengan mendapatkan 73 persen suara. Zelensky dengan perolehan suara  tersebut mengalahkan calon lain, Petro Poroshenko, yang merupakan calon petahana dalam putaran kedua.

Kemenangan Zelensky ini mengingatkan publik pada serial televisi Servant of the People yang seolah menjadi nyata.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.