Peringati Hari Kartini, Paud Santa Maria Penolong Abadi Gelar Kegiatan Fashion Show Bagi Anak-Anak

WaktoeNTT.Net – Hari Kartini adalah hari di mana orang-orang memperingati seorang tokoh sentral bagi para kaum wanita Indonesia yang telah memperjuangan emansipasi wanita, sekaligus sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita.

Wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden pertama Ir. Soekarno yang tertera pada Keputusan Presiden No. 108 Tahun 1964, sekaligus menetapkan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, yang mana tanggal 21 April merupakan tanggal kelahiran R.A. Kartini. Untuk mengenang jasa-jasanya, rakyat Indonesia memperingati tanggal 21 April dengan sebutan Hari Kartini.

banner 728x90

Karena telah ditetapkan bahwa pada 21 April diperingati sebagai hari Kartini, seluruh rakyat Indonesia biasanya melakukan kegiatan-kegiatan unik untuk menyambut hari tersebut.

Salah satunya, kegiatan Fashion Show dan baca puisi yang diselenggarakan PAUD Santa Maria Penolong Abadi, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, NTT serasa begitu meriah.

Kegiatan dengan tema “Semangat Kartini menjadi pelita dalam diri anak usia dini yang cerdas kreatif dan inovatif” tersebut dilaksanakan di Aula Paroki Rejeng Jumat (29/4/2022).

Pantauan Waktoentt.net, sekitar jam 08.00 WITA anak-anak PAUD datang berpasangan bersama orangtuanya. Mereka mengenakan busana adat Manggarai yang kompak dan rapih. Anak Paud laki-laki mengenakan baju putih mengenakan kain songke Manggarai dan sapu adat di kepala. Sementara yang anak-anak perempuan mengenakan kebaya dan kain songke dengan mahkota menghiasi kepala. Anak-anak tersebut tampak cantik dan anggun.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya. Selanjutnya menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini. Anak-anak menyanyikan lagu dengan penuh semangat. Setiap lagu yang dinyanyikan dipandu seorang anak yang menjadi dirjen.

Yang Paling menarik dari kegiatan tersebut adalah saat berlangsung acara Fashion Show. Dengan dipandu oleh master of ceremony (MC), anak-anak tersebut bergandengan dengan orangtuanya naik ke panggung. Mereka membawa sebuah bingkai foto dengan lukisan R.A Kartini yang telah diwarnai.

Mereka berjalan dengan melenggokan badan layaaknya seorang model profesional yang sedang mengikuti suatu ajang international. Orangtua dan anak tampak kompak.

Di atas panggung, pasangan anak dan orangtua itu memberikan ekspresi menarik sebagai tanda hormat ke pada para juri dan penonton. Setiap pasangan terlihat sangat kompak, meskipun sebagian yang tampak canggung namun lucu. Hal itu justru membuat para penonton bersorak gembira.

Tepuk tangan yang meriah pun datang para penonton saat acara Fashion Show berlangsung. Termasuk di sana, ada Camat Lelak, Benyamin Sam dan Bunda Paud Kecamatan, Ester Kurniadi serta perwakilan Pokja Paud Kabupaten Manggarai, Klaudia Janggat.

Selain Fashion Show, beberapa kegiatan lainnya antara lain, pembacaan 8 karakter anak PAUD, kemudian anak-anak di bentuk dalam dua kelompok membawa yel-yel semngat inspiratif dari R.A Kartini, puisi hingga membawakan cerita sosok R.A Kartini dalam pandangan anak kecil.

Di akhir kegiatan, panitia penyelenggara kemudian membagi hadia kepada anak-anak. Hadia tersebut berupa sertifikat dan snack. Setiap anak masing-masing mendapatkan juara. Mulai dari juara I, II dan juara III.

Ditemui usai kegiatan, Kepala PAUD Santa Maria Penolong Abadi, Yustina Iman menjelaskan kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama berbagai pihak. Terutama antara orangtua murid dan para guru.

Tujuannya peringatan Hari Kartini kata dia, karena R.A Kartini merupakan sosok yang inspiratif bagi bangsa Indonesia. Ia juga merupakan pahlawan yang menjadi motivasi bagi kaum perempuan dan anak-anak masih usia dini.

“Kami mau tanamkan nilai bahwa semngat juang itu harus ada dan membawa perubahan dari hal-hal kecil. Untuk menjadi pemimpin itu bukan hanya laki-laki, perempuan juga bisa. Kita sebagai perempuan harus memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin,” kata Yustina.

Yustina menambahkan, satu hal yang hendak diterapkan kepada diri anak adalah agar mereka memiliki sikap mandiri, percaya diri dan hebat seperti R.A Kartini.

“Karena bukan hanya pendidikan tapi emansipasi anak harus ditanam sejak dini. Bahkan kegiatan ini tidak akan lupa seumur hidup oleh anak-anak kalau kita tanam dari sekarang,” pungkasnya.

Apresiasi dari Pokja Paud Kabupaten Manggarai

Kegiatan peringatan Hari Kartini PAUD Santa Maria Penolong Abadi mendapatkan apresiasi dari pihak Pokja PAUD Kabupaten Manggarai, Rustam Mutis. Melalui bendahara Pokja Paud, Klaudia Janggat, ia mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PAUD Santa Maria Penolong Abadi.

“Kami dari Pokja Paud sangat mensuport segala kegiatan dari PAUD, dan hari ini khusus Paud Santa Maria Penolong Abadi. Tugas kami sebagai Pokja PAUD itu sebenarnya hanya sebagai pihak ketiga di mana kami mendukung segala bentuk kegiatan dari Bunda PAUD,” kata Klaudia.

Klaudia juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus PAUD Kecamatan Lelak. Sebab untuk saat ini Kecamatan Lelak masih menduduki peringkat 1 Kecamatan yang aktif dalam kegiatan-kegiatan anak PAUD.

“Kami mendapatkan pesan langsung dari Bunda PAUD, Ibu Bupati. Kami menunggu undangan selanjutnya. Kami berharap untuk selalu ada kegiatan-kegiatan seperti ini ke depan,” tutupnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.