Pengurus HAKLI Manggarai Periode 2022-2027, Resmi Dilantik

Manggarai, WaktoeNTT.Net – Pengurus Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) periode 2022-2027 Kabupaten Manggarai resmi dilantik.

Dengan mengusung tema “Perspektif Ahli Kesehatan Lingkungan Dalam Mencapai 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat(STBM) dan Penyakit Berbasis Lingkungan di Kabupaten Manggarai” acara pelantikan dan pengukuhan tersebut berlangsung di Aula Dinas kesehatan Kabupaten Manggarai, pada Rabu 15 Juni 2022.

Ketua Umum HAKLI NTT, Michael Djohan S. Takesan dalam sambutannya mengatakan, Himpunan ahli kesehatan lingkungan yang disebut HAKLI merupakan organisasi profesi yang menggali menghimpun, membina, mengembangkan menyelenggarakan dan mengimplementasikan bidang ilmu dan teknologi kesehatan lingkungan dalam pembangunan kesehatan guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Organisasi profesi ini adalah wadah bagi anggota yang memiliki kompetensi dan keahlian kesehatan lingkungan sesuai dengan dasar pendidikan yang telah diperoleh. Organisasi profesi HAKLI merupakan salah satu wadah organisasi di jajaran kesehatan yang berada di semua tingkatan yang berkiprah di kesehatan lingkungan atau sanitasi yang petugasnya disapa dengan sebutan sanitarian,”Jelas Michael.

Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, lanjut dia, kesehatan lingkungan pada umumnya perlu dilaksanakan secara optimal dan peran aktif dari para sanitarian.

Ia mengaku, kesehatan lingkungan melalui sanitarian belum nampak jelas oleh karena keterbatasan bagai tingkatan dan tahapan.

Namun demikian, secara bertahap HAKLI telah bersepakat bangkit menggalang persatuan dan kesatuan untuk menunjukkan profesionalisme HAKLI yang benar-benar handal.

Kepada pengurus yang sudah dilantik, Michael berharap, pengurus HAKLI harus bergandengan tangan untuk mengembangkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan lingkungan pada semua elemen baik pemerintah, swasta maupun masyarakat agar mampu bersaing menghadapi era globalisasi menuju masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA.

“mari kita bersama-sama untuk menunjukan bahwa HAKLI mampu bekerja dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai serta percepatan pembangunan yang berkelanjutan, berbasis masyarakat, secara terencana, terpadu dan sistematis,”harapnya.

Sementara, Ketua HAKLI Kabupaten Manggarai, Mikael Mor mengaku bangga dan siap menjalankan tugas serta kepercayaan yang telah diberikan oleh ketua HAKLI Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“terima kasih kepercayaan yang diberikan kepada kami. Komitmen kami di Kabupaten Manggarai sebagai seorang sanitarian akan menjalankan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dalam mencapai visi/misi Pemkab Manggarai khususnya dibidang kesehatan lingkungan masyarakat”,ungkapnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai, dr. Tomy Hermopan mengatakan, seorang tenaga Kesehatan Lingkungan mempunyai peran penting karena bersentuhan dengan kehidupan seseorang.

Peran tenaga Kesehatan Lingkungan (Kesling) yang bersentuhan dengan Sanitasi juga dapat mengurangi angka kesakitan yang juga tentunya berkorelasi positif dengan angka harapan hidup masyarakat.

“sebagai organisasi profesi yang bergerak di bidang kesehatan lingkungan, saya berharap HAKLI mampu memberikan peran yang optimal,”katanya.

“hadirnya HAKLI dalam masyarakat tentunya akan memberikan dampak yang cukup baik, utamanya dalam hal menjaga kesehatan lingkungan,”tambanya lagi.

Ia berharap pengurus HAKLI yang baru dilantik dapat memberikan perubahan yang banyak terhadap lingkungan serta selalu menjadi motor penggerak dalam menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat di masa depan.

“Saya berharap agar para profesional kesehatan lingkungan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab organisasi profesi kesehatan lingkungan di wilayahnya masing-masing. Kepada pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat, dan berikan yang terbaik untuk masyarakat.”Tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Umum HAKLI NTT, Michael Djohan S. Takesan, Ketua Jurusan Sanitasi Poltekes Kupang, Karolus Ngambut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, dr. Tomy Hermopan, Ketua HAKLI Manggarai, Mikael Mor, Direktur Yayasan Plan International, Ketua pengurus IBI Cabang Manggarai, Ketua PATELKI, ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Mangarai, Ketua Pelindung Organisasi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Kabupaten Manggarai, Tokoh Agama, serta Sanitarian se-Kabupaten Manggarai.

banner 728x90