Pengawasan Pemilu 2024 Bawaslu Manggarai Teken Mou Dengan Sejumlah Stakeholders

Bawaslu Manggarai Bersama Stakeholders/Foto: Istimewa

WaktoeNTT,Net – Dalam rangka mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Manggarai melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pengawasan partisipatif bersama sejumlah stakeholder, di Aula Efata Ruteng, pada Sabtu, 27/08/2022.

Ketua Bawaslu Manggarai dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membangun komitmen bersama yakni mengemban pengawasan partisipasif dari sejumlah stake holder yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

banner 728x90

“membagi ilmu pengawasan pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih paham tentang Pemilu dan Pemilihan, serta tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan adalah tugas kami sebagai pengawas pemilu”kata Marselina.

Sejak gong Pemilu ditabuh ditanggal 14 Juni 2022 yang lalu, tahapan pemilu sudah dimulai dan sekarang tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu sedang berlangsung. Bawaslu Manggarai telah melakukan berbagai upaya guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024.

Dikatakan, tugas dan wewenang besar Bawaslu Manggarai pada pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu/Pemilihan, berdiri atas perintah Undang-Undang yakni pengawasan, pencegahan, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Selain itu juga Bawaslu Manggarai melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung pada setiap tahapan.

“tagline kami bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu. Usaha menegakkan keadilan pemilu memang sulit dan ada begitu banyak tantangan dan rintangan. Selain itu,Bawaslu Manggarai bersama rakyat awasi Pemilu pada hakekatnya menunjukkan bahwa masyarakat juga diberikan peran dalam pengawasan. Kesadaran masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu haruslah menjadi gerakan bersama agar pelaksanaan Pemilu haruslah menjadi gerakan bersama agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan bermartabat dan berkualitas”jelas Marselina.

Untuk diketahui, MoU kerjasama pengawasan partisipasif dihadiri oleh sejumlah stakeholder, yakni Keuskupan Ruteng, MUI Kabupaten Manggarai, PHDI Kabupaten Manggarai, GMIT Immanuel Ruteng, Kepala Desa Mata Wae, Kepala Desa Pong Lengor, Kepala Desa Pong Lao, Lurah Kelurahan Pagal, UNIKA St. Paulus Ruteng, STIPAS St. Sirilus Ruteng, STIE KARYA Ruteng, SMK Informatika St. Petrus Ruteng, GP Ansor Manggarai, Pengurus Cabang NU Manggarai, Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kabupaten Manggarai, OMK Paroki Redong, GMNI Cabang Manggarai, PMKRI Cabang Manggarai, PMII Cabang Manggarai, Persatuan Jurnalis Manggarai, Persatuan Wartawan Manggarai, Komunitas Laki Caci Manggarai, Komunitas Manggarai Motor Classic, Komunitas Rumah Baca Aksara dan Forum Toto Kopi. (Humas BKM)

banner 728x90