Pemkab Manggarai Kembali Menerima Penghargaan SAKIP 2021 Dari Menpan-RB

WaktoeNTT.Net – Pemerintah Kabupaten Manggarai mendapat Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 dengan nilai predikat B dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Hal tersebut disampaikan Bupati Manggarai, Herybertus G.L Nabit kepada waktoentt.net usai mengikuti kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2023 di Aula Manggarai Convention Center (MCC), Senin (11/04/22).

banner 728x90

Politisi PDIP yang biasa disapa Hery Nabit itu mengatakan, laporan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) oleh Kementrian PAN-RB merupakan evaluasi tehadap seluruh sistem yang berjalan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga pelaporan.

Menurut dia, kenaikan SAKIP Kabupaten Manggarai tahun 2021 dengan predikat nilai B, merupakan pencapaian yang luar biasa terkait efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran serta capaian kerja di setiap perangkat daerah di Kabupaten Manggarai.

“SAKIP merupakan salah satu alat ukur capaian kinerja pemerintah dan sebagai bukti pertanggung jawaban kepala daerah kepada publik,”ungkapnya.

Ditambahkannya, kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dapat dicapai melalui perencanaan yang matang, pengarahan yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan.

Maka dari itu lanjut dia, kerja keras serta kerja sama yang baik antar OPD perlu ditingkatkan lagi agar pencapaian SAKIP Kabupaten Manggarai pada tahun selanjutnya mendapat predikat yang lebih tinggi lagi.

“kalau kinerja OPD-OPD di Kabupaten Manggarai berada dalam alur tersebut dan kerjasama terjalin dengan baik, Puji Tuhan evaluasi SAKIP pada tahun-tahun selanjutnya mengalami peningkatan,”katanya.

“Meski meraih torehan positif mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta outcome, namun SAKIP Kabupaten Manggarai kedepannya harus jelas dan terukur dan mesti memberi dampak bagi masyarakat”,tambahnya lagi.

Bupati Hery Nabit juga tidak lupa menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja seluruh elemen pemerintahan. Hal ini menunjukkan akuntabilitas kinerja Pemkab Manggarai semakin baik. Penghargaan ini tentu akan makin mendorong Pemkab untuk terus berbuat yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Terimakasih atas teamwork dan kerja kerasnya, ini memacu kita ke depan dalam bekerja, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”Tutup Bupati Hery.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.