Nyaris Ricuh, Masyarakat dan Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Gelar Demo Tolak Kenaikan TNT

Para demonstran baku dorong dengan petugas kepolisian/foto: Youtube BS TV
Labuan Bajo,WaktoeNTT.Net – Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menaikan tiket masuk ke Taman Nasional Komodo, menuai kecaman keras dari masyarakat dan pelaku wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Aksi penolakan tersebut mereka wujudkan dengan menggelar aksi demontrasi di kota yang dijuluki kota super premium itu. Namun, aksi demonstrasi yang berlangsung pada Jumat 29 Juli 2022, berlangsung ricuh.

Dalam video yang beredar di media sosial, sejumlah massa melakukan aksi demontrasi di depan salah satu hotel di Labuan Bajo. Massa membawa berbagai macam perlengkapan aksi seperti bendera, hingga poster-poster tuntutan aksi.

banner 728x90

Tampak dalam video tersebut, sejumlah aparat keamanan kepolisian hadir mengawal aksi demonstrasi yang terdiri dari masyarakat dan pelaku pariwisata.

Nyaris Bentrok Dengan Polisi

Pantauan media ini,erlihat ratusan massa aksi itu menahan mobil Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi tepat di depan hotel Loccal Collection.

Situasi pun sempat mencekam saat para demonstrasi sempat baku dorong dengan pihak kepolisian yang sedang mengawal mobil Bupati Endi. Merasa tidak puas, para demonstrasi membakar ban tepat ditengah jalan.

foto: Akun Facebook Viktor Endi

Terdengar teriakan salah satu massa ”Woi Pemda Mabar, jangan tinggal diam terhadap nasib kami, beri kepastian yang jelas” teriak salah satu massa aksi.

Massa aksi lain mengatakan, mereka datang meminta kepastian dari pemerintah soal polemik tiket masuk Taman Nasional Komodo. Namun, jika pemerintah belum memberi kepastian, demo pasti jalan terus di Labuan Bajo.

Seperti diketahui, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah menetapkan tarif masuk Taman Nasional Komodo sebesar Rp 3,75 juta per orang. Tarif baru ini mulai berlaku pada 1 Agustus 2022.

Pemprov NTT beralasan, kenaikan tiket masuk TNK demi kepentingan konservasi. Selain, perubahan harga tiket juga bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat lokal.

banner 728x90