Mempererat Tali Persaudaraan, Sanggar Compang Cama Akan Menggelar Pentas Budaya Yang ke IV di Jakarta Barat

WaktoeNTT.Net – Keluarga besar Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) di Jakarta yang tergabung dalam ikatan Sanggar Budaya Compang Cama, akan menggelar sejumlah acara pentas budaya di stadion Romsol Slipi Jakarta Barat, pada tanggal 15 Mey 2022 mendatang.

Pentas budaya yang digelar tersebut dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan dan kebersamaan bagi orang Manggarai yang berada di tanah rantauan.

banner 728x90

Ketua panitia, Sipri Junga kepada Waktoentt.net pada Kamis (17/03/22) malam, mengungkapkan salah satu tujuan pentas budaya tersebut diselenggarakan adalah menghidupkan kembali tradisi dan kearifan lokal masyarakat Manggarai yang berada di tanah rantau khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

“kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya manggarai di jakarta. Selain itu juga memperkenalkan budaya Manggarai bagi anak dan cucu yang lahir dan besar di Jakarta dan sekitarnya”,katanya.

Dengan pentas Tarian Caci, lanjut dia, kerinduan warga Manggarai yang tinggal dan lahir di Jakarta, akan tradisi dan kearifan lokal budaya Manggarai bisa terpenuhi.

Sipri juga menambahkan, selain mementaskan tarian Caci, sanggar budaya Compang Cama juga akan menyajikan tarian adat Manggarai lainnya berupa Sanda dan Mbata serta menggelar turnamen sepak bola CUP 4 yang diikuti oleh 34 tim Manggarai se-Jabodetabek.

(Anggota Sanggar Budaya Compang Cama di Jakarta,Foto : Adrian J)

Rencananya kegiatan Pentas Budaya yang diselenggarakan oleh Sanggar Compang Cama tersebut akan mengundang sejumlah tokoh nasional.

“sanggar budaya Compang Cama berencana akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno, Menteri Kominfo, Jhony G. Plate, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko”,katanya

Selain itu, kata dia, keluarga besar Jawa Barat yang tergabung dalam  keluarga besar Ikatan Keluarga Besar Manggarai (IKAMASI) Bekasi, akan hadir sebagai Meka Landang dalam pergelaran pentas Caci.

Untuk di ketahui, pentas budaya yang digelar oleh Sanggar Budaya Compang Cama merupakan kali ke IV.

Sebelumnya, pentas budaya serupa juga pernah dilaksanakan pada tahun 2010, tahun 2011 dan tahun 2017.

Pada tahun 2010 Sanggar Budaya Compang Cama mengundang direktur utama Sido Muncul, Irwan Hidayat, untuk melihat secara langsung pergelaran Tarian Adat Manggarai Caci yang dilaksanakan di Jakarta tepatnya di Pantai Indah Kapuk.

Alhasil, Tarian Caci Manggarai masuk sebagai Iklan pada salah satu produk perusahaan minuman obat tradisional yaitu Kuku Bima.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.