Mau Liburan Bersama Keluarga di Akhir Pekan? Coba Kunjungi 7 Destinasi Wisata di Kabupaten Manggarai

WaktoeNTT.Net – Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia Timur. Provinsi ini memiliki beberapa pembagian wilayah Kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Manggarai.

Sama seperti kota-kota lain yang ada di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai memiliki deretan destinasi wisata alam yang sering kali dijuluki sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia.

banner 728x90

Memang panorama alam di Timur Indonesia tidak perlu diragukan lagi, dari deretan laut biru kehijauan yang begitu jernih, deretan perbukitan hijau yang menyejukkan mata, air terjun yang eksotis dan masih banyak lagi.

Wisata Manggarai sendiri memiliki panorama alam yang menawan membuat kita selalu rindu untuk kembali berlibur ke kota ini.

Selain terkenal dengan tempat wisata di Kabupaten Manggarai yang mendunia, kota ini juga memiliki banyak daya tarik lain seperti oleh – oleh khas yang sudah terkenal hingga keluar negeri yakni kopi Manggarai serta kain Songket. Suasananya yang nyaman dengan udara dingin, dijamin buat kita betah berlama – lama di tempat ini.

Deretan Tempat Wisata di Manggarai yang Menawan 

Saat mengunjungi kota Nusa Tenggara Timur sebaiknya jangan lupa mengunjungi Kabupaten Manggarai untuk menikmati segudang keunikan dan keindahan alam yang dimilikinya. Penasaran dengan deretan tempat wisata di Manggarai yang menawan, berikut ulasannya untuk Anda:

1. Wae Rebo

Wisata Manggarai yang cocok dijadikan tempat untuk mengisi waktu libur bersama keluarga adalah wisata Rumah Adat wae Rebo yang sudah berusia ratusan tahun. Desa wisata ini berada di ketinggian Manggarai yang mencapai 1200 mdpl.

Objek wisata Rumah Adat ini sangat unik dan memiliki kawasan yang begitu sejuk dan nyaman membuat siapa saja yang datang berkunjung akan betah berlama – lama. Tahukah anda jika kampung ini sudah dihuni oleh 19 generasi yang hingga kini selalu menjaga adat istiadat warisan leluhur.

Desa wisata ini memiliki 7 rumah adat yang berbentuk kerucut atau oleh masyarakat sekitar disebut Niang Mbaru dengan bagian atap yang terbuat dari daun lontar.

Untuk mencapai lokasi Desa kita harus berjalan mendaki selama 4 sampai 5 jam, namun setibanya di lokasi seluruh rasa penat yang dirasa akan hilang seketika dengan keindahan alam yang dimiliki.

2. Kampung Adat Todo

Wisata Kampung Adat Todo merupakan alternatif pilihan tempat berlibur selanjutnya. Kampung adat ini juga tidak kalah populer dari kampung adat lainnya.

Uniknya kampung Todo adalah dulunya merupakan lokasi pusat Kerajaan Todo. Sebuah kampung yang memiliki panorama alam menawan dengan suasananya yang tenang cocok sekali untuk menenangkan pikiran. Kampung ini juga masih sangat menjaga adat dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang mereka.

3. Liang Bua

Tempat wisata di kabupaten Manggarai selanjutnya adalah wisata Liang Bua yang terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liang bua, Kecamatan Ruteng, kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi karena di tempat ini pernah ditemukan makhuk mirip manusia atau Homonim.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang berkunjung, bukan hanya wisatawan lokal saja, namun juga banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu di tempat ini. pada tahun 2001 lalu Hominin tersebut dinamakan Homo Floreiensis.

4. Sawah Lodok Cancar

Rekomendasi tempat wisata di Manggarai yang terakhir dari kami adalah sawah Lodok yang menawarkan pemandangan alam nan menakjubkan.

Anda akan disuguhkan pemandangan alam berupa hamparan sawa yang berbentuk seperti laba-laba. Bentuk menyerupai labalaba ini dikarenakan sistem pembagian lahan persamaannya berbentuk lodok.

Anda bisa mengnjungi sawah lowok ini di Lembor. Kawasan ini tidak mudah dijangkau dari Kota Labuan Bajo. Selain di Lembor, persawahan Lodok ada pula di daerah Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

5. Nuca Molas / Pulau Mules

Dari kejauhan Pulau Mules terlihat seperti seorang putri yang sedang tidur terlentang di atas laut, sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai pulau Putri Tidur. Dari kejauhan pulau Mules ini terlihat sangat cantik dan dikelilingi tumbuhan hijau yang tumbuh subur.

Setelah melakukan perjalanan menggunakan perahu menuju pulau Mules, maka kita sontak akan takjub dengan pemandangan alam begitu menawan dan memiliki suasana yang sejuk dan nyaman membuat kita betah berlama – lama di tempat ini.

6. Air Terjun Tengku Lese

Salah satunya yaitu air terjun Tengku Lese di Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, NTT.

Air terjun Tengku Lese ini adalah salah satu air terjun yang bisa menjadi objek wisata alam baik bagi masyarakat Manggarai maupun wisatawan dari daerah lain dan wisatawan asing.

Untuk sampai ke lokasi ini, butuh waktu sekitar tiga jam dari kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Air terjun itu memiliki kolam renang di bawahnya. sebuah kolam berbentuk lingkaran dengan diameter antara 5 meter-8 meter dan kedalaman sekitar 3 meter.

7. Tengku Siwa

Rekomendasi tempat wisata yang terakhir adalah Air Terjun Tengku Siwa di Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai.

Destinasi ini memiliki beberapa keunikan yang membuatnya tampak berbeda dari destinasi sejenis. Betapa tidak, aliran air di Tengku Siwa menjulang setinggi 75 meter dan nampak luar biasa epik. Tak hanya itu, lumut tebal membungkus bebatuan tinggi di sekitarnya, membuat kawasan ini tampak makin indah dan eksotis. Wajar saja jika banyak pelancong penasaran ingin mampir ke sini.

Menjulang setinggi 73 meter, bukan hal mengejutkan jika Air Terjun Tengku Siwa tampak begitu menarik di mata para pelancong. Kawasannya masih cukup asri, lantaran cukup jarang dijamah wisatawan. Karena pesona uniknya tersebut, tempat ini juga sering disebut sebagai surga tersembunyi di Flores.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.