Berita  

Kepsek SMPN 6 Rentung: Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Harus Transparan dan Akuntabel

WaktoeNTT.Net – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Rentung, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, menggelar rapat bersama para guru untuk membahas rancangan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) tahun ajaran 2022.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (12/03/22) diikuti oleh guru-guru sebanyak 23 orang dan didampingi langsung oleh Pengawas Pembina SMP.

banner 728x90

Kepala sekolah SMPN 6 Rentung, Alfons Tanggur, kepada Waktoentt.net mengatakan, manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu substansi manejemen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah.

“penetapan anggaran, mulai dari kebutuhan guru untuk mengajar sampai dengan kebutuhan kelas maupun sekolah harus dibahas secara bersama dan direncanakan secara matang, sehingga penyusunan RKAS wajib dilakukan secara transparan dan akuntabel”,jelasnya.

Dirinya mengatakan, sekolah sebagai institusi pendidikan, bisa menjalankan fungsinya dengan baik, jika seluruh kegiatan di dalamnya dikelola dengan tepat dan direncanakan secara bersama-sama.

(Pembahasan rancangan RKAS tahun ajaran 2022 SMPN 6 Rentung, foto: Alan Grasilan)

Lebih lanjut dia menjelaskan, proses pembahasan sampai dengan tahap penyusunan RKAS dalam satu tahun ajaran harus sesuai dengan 8 standarisasi sistem Pendidikan Nasional.

“ada 8 standar sistem pendidikan yang harus di ikuti, antara lain: Pertama Standar Isi. Berkaitan dengan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.

Kedua, Standar Proses. Berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran.

Ketiga, Standar Penilaian Pendidikan. Berkaitan dengan penilaian, analisis, dan evaluasi hasil belajar peserta didik.

Keempat, Standar Kompetensi Lulusan. Berkaitan dengan pencapaian standar, hasil belajar peserta didik.

Kelima, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.

Keenam, Standar Pengelolaan. Berkaitan dengan pengelolaan seluruh elemen di institusi pendidikan.

Ketujuh, Standar Pembiayaan Pendidikan. Berkaitan dengan anggaran sekolah.

Kedelapan, Standar Sarana dan Prasarana. Berkaitan dengan infrastruktur institusi pendidikan”,jelasnya.

Sementara, Pengawas Pembina Tingkat SMP se-Kabupaten Manggarai mengatakan, Rober Mangkung mengatakan pembahasan rancangan RKAS penting untuk dilaksanakan sebagai salah satu program sekolah dalam rangka mencapai akreditasi sekolah yang baik.

Dirinya mengapresiasi kepada pihak sekolah atas keterbukaan manejemen sekolah dalam pembahasan rencana penyusunan RKAS yang dilaksanakan.

” apa yang dilaksanakan hari sangat bagus, karena itu saya mengapresiasi kepada kepala sekolah dan juga guru-guru yang aktif memberikan masukan dan merancang kegiatan selama 1 tahun pembelajaran”,katanya.

Dirinya berharap, pihak sekolah tetap mengikuti aturan yang berlaku mulai dari juknis BOS, prosedur, penyusunan anggaran, pemakaian anggaran hingga pelaporan terhadap penggunaan anggaran.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.