Kasus Covid-19 di NTT Naik Drastis, Ini Kata Direktur RSUD dr. Ben Mboi Ruteng

Kasus Covid-19 di NTT Naik Drastis

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Menanggapi Kasus Covid-19 di NTT yang semakin naik, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Ben Mboy Ruteng, dr. Oktavianus Yanuarius Ampur, mengatakan kesiapan jika terjadi kelonjakan kasus Covid-19 di Wilayah Kabupaten Manggarai.

“Kita punya pengalaman dalam penanganan Covid-19 , dan untuk sementara sekarang ada dua pasien Covid yang sedang di rawat, penerimaan perawatan pasien Covid kami kerjakan hingga kini,”ungkapnya.

banner 728x90

Sementara terkait kesiapan Nakes dan Fasilitas penanganan Covid-19 RSUD dr.Ben Mboy Ruteng, dr. Oktavianus menyatakan siap.

“Kita akan menyesuaikan jika ada lonjakan angka pasien Covid-19, Kita memiliki ruangan ISO A,B dan C dengan daya tampung 47 tempat tidur, ditambah dengan ruangan yang baru bangun akan dipakai untuk pasien Covid yang rawat inap, sementara untuk yang rawat jalan bisa di puskesmas, “ungkapnya.

Menurut dia, stok persiapan obat-obatan dan juga oksigen dalam kondisi masih aman.

“Untuk Kesiapan lain seperti obat-obatan dan oksigen aman,’ujar dr. Oktavianus.

Lanjut dia, jika nanti ada pelonjakan kasus yang signifikan pasien akan mobilisasi di tempat seperti stadion Golo Dukal.

Sebelumnya, Sebanyak 34 warga kecamatan Rahong Utara  di isolasi secara terpusat di wisma Atlet Golo Dukal, kelurahan Bangka Leda, kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pasien Covid 19
(Sejumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 dan akan menjalankan karantina terpusat di Wisma Atlet Golodukal)

Rombongan warga terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut melaksanakan isolasi secara terpusat setelah dilakukan tracing oleh Tim Gugus Tugas Kecamatan Rahong Utara.

Kepala Puskesmas Nanu, Wilibrodus M. Antus saat di hubungi Media ini menjelaskan bahwa rapid tes hari ini Sabtu, 19/02/22 merupakan pengembangan hasil pelaksanaan Rapid sebelumnya.

“Sehari Sebelumnya, Jumat (18/02/22), Pihak Puskesmas Nanu melakukan Rapid tes dan hasilnya satu orang terkonfirmasi positif. Setelah itu, pihak Gugus Tugas kec. Rahong Utara dan petugas PKM Nanu melakukan tracing. Dari hasil tracing tersebut serta di lakukan rapid, hasilnya terdapat 39 orang yang terkonfirmasi positif Covid 19.” Beber Kapus Wilibrodus.

” tetapi dari jumlah itu, hanya 34 orang menjalankan isolasi terpusat di Wisma Atlet Golo Dukal”,tambahnya.

Adapun jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 masing-masing adalah satu orang guru, satu orang masyarakat. Kemudian, lima (5) orang pelajar SMP Watu Benta dan 27 orang orang lainnya pelajar SMA Negeri I Rahong Utara.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.