Kadis DPMD Mengunjungi Desa Compang Cibal Terkait Laporan Masyarakat Tentang Dugaan Korupsi Dana Desa

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Kepala Dinas PMD Kabupaten Manggarai, Yos Jehalut mengunjungi Desa Compang Cibal, pada Sabtu(05/03/21).

Kunjungan tersebut guna melihat langsung laporan pekerjaan fisik tahun 2019-2021, terkait dugaan korupsi yang dilaporkan sejumlah warga Compang Cibal yang tergabung dalam Aliansi Peduli Pembangunan desa Compang Cibal terhadap mantan Kades dan Pejabat Sementara (Pjs).

banner 728x90

Dari hasil pengecekan, Kadis DPMD menemukan tumpukan material yang sudah membatu di salah satu lokasi pekerjaan rumah bantuan pada tahun 2021 dari anggaran dana desa Compang Cibal.

“Saya melihat semen yang sudah membatu, jadi kami dari DPMD akan menyiapkan tim teknis yang berkompeten untuk menghitung kerugiannya,”Katanya.

“Untuk segala laporan dari aliansi peduli masyarakat Compang Cibal, terkait juga laporan dugaan penyelewengan HOK dan juga laporan lain akan disiapkan tim khusus juga,” lanjut Yos Jehalut.

Martinus Hambit salah satu warga yang tergabung dalam Aliansi Peduli Pembangunan desa Compang Cibal, berharap agar dugaan penyelewengan dana desa yang di lakukan oleh mantan Kepala Desa dan penjabat sementara (Pjs) desa Compang Cibal segera ditindaklanjut oleh dinas PMD kabupaten Manggarai.

“Kami sebagai masyarakat sangat berharap agar dinas PMD kabupaten Manggarai segera menindaklanjuti laporan dugaan korupsi dana desa oleh mantan kades dan penjabat sementara Compang Cibal ke penegak hukum” tutup Martinus Hambit.

Sebelumnya, Sejumlah warga yang tergabung Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal, mendatangi Kantor Bupati Manggarai dan Kapolres  Manggarai, pada Jumat (04/03/22).

Kedatangan sejumlah warga desa Compang Cibal tersebut untuk melaporkan dugaan kasus korupsi Dana Desa yang dilakukan oleh mantan kepala desa, AH periode 2014-2019, Desa Compang Cibal.

Mereka juga melaporkan mantan Pejabat Sementara (Pjs) desa Compang Cibal berinisial FO terkait penggunaan dana desa sejak tahun 2020-2021.

Ada sejumlah laporan hasil temuan dari Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan desa Compang Cibal yang di duga kuat di Korupsi oleh mantan Kepdes dan Pjs sejak tahun 2019-2021, antara lain :

1.Pembangunan air minum bersih air minum (air minum kampung cibal) dengan anggaran dana desa tahun 2021 sebesar  Rp36.000.000,00. Bahkan proyek pembangunan tersebut dalam laporan sudah dinyatakan 100% dalam LPJ TAHAP 1 T.A 2021. Namun nyatanya di kampung cibal tidak ada kegiatan tersebut dan masih menggunakan air kotor.

2.Terkait Masalah mandeknya pembangunan rabat jalan dan TPT yang berlokasi kampung keker dengan volume 253 meter, Tahun anggaran 2021 yang bersumber dari dana desa sebanyak
Rp.152.496.500,00.
Namun dalam LPJ TAHAP 11 T.A 2021 desa COMPANG CIBAL pekerjaan tersebut sudah 100%  tetapi kenyataanya di lapangan pekerjaan tersebut belum selesai sampai saat ini.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.