Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Manggarai Laksanakan Sejumlah Rangkaian Acara

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Umat Hindu Kabupaten Manggarai menggelar sejumlah rangkaian acara di Pura Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan tersebut di laksanakan dalam rangka memperingati hari raya Nyepi Tahun baru Saka 1944 yang jatuh pada hari Kamis (03/03/22).

banner 728x90

Ketua Persatuan Hindu Darma Indonesia (PHDI) Wilayah Kabupaten Manggarai, Gede Cahya, mengungkapkan makna perayaan Nyepi sesungguhnya sebagai sebuah perayaan momentum toleransi, kasih sayang, cinta kasih, dan kedamaian.

(Persiapan untuk menyambut Hari Raya Nyepi, Foto : Rio Rodja)

“Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di yakini sebagai momentum kebangkitan nilai-nilai kemanusiaan, Kedamaian, Cinta Kasih”,ungkapnya kepada Waktoentt.net saat ditemui di Pura Waso, Rabu (02/03/22).

Gede Cahya juga menjelaskan, saat Hari Raya Nyepi, umat Hindu  berupaya menahan hasrat untuk tidak keluar rumah, bekerja, menghidupkan perapian, ataupun mengujarkan kalimat-kalimat tertentu.

Mereka dengan teguh menjauhi segala sesuatu yang dilandasi nafsu dan mendekatkan diri kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk mensucikan Bhuana Alit (manusia) dan Bhuana Agung (alam dan seisinya).

“pengendalian diri tersebut dilakukan dengan Catur Brata Penyepian. Dengan begitu, umat Hindu dapat khusyuk ketika mengevaluasi diri, meditasi, dan shamadi dalam keheningan”,ungkapnya.

Berbagai upacara pelaksanaan Hari Raya Nyepi bgai Umat Hindu memiliki artinya masing-masing mulai dari Melasti,  Tawur Agung/Mecaru, Ngerupuk, hingga Nyepi/Sepi.

1. Melasti

Upacara Melasti bermakna memohon air suci, semudra, air kehidupan untuk dipergunakan  untuk alam semesta dan kita manusia untuk menyucikan agar tenang dan disucikan lahir batin, supaya kehidupan lebih baik.
Bagi umat Hindu di Kabupaten Manggarai, upacara Melasti dilaksanakan di Pantai Cepi Watu, Kabupaten Manggarai Timur.

2. Tawur Agung/Mecaru

Upacara ini memiliki 2 makna, antara lain : pertama bertujuan untuk mengharmonisasikan kehidupan manusia dengan alam. Apa yang terjadi dalam tuan agung (Alam semesta) akan berdampak kepada tuan Alif(diri manusia). Supaya tenang, nyaman, dan damai sehingga menimbulkan kesejahteraan, keadilaan dan ketentraman. Kedua, dalam konsep Hindu ada dua sifat dalam diri manusia yaitu sifat dewa(sifat positif), sifat-sifat yang melahirkan persatuan, kedamaian,kesejahteraan, dan nilai kebaikan. Sifat yang kedua yaitu sifat raksasa (sifat negatif), ada sifat dendam, murka,iri hati, ketamakan. Sehingga momen hari ini semua sifat-sifat raksasa atau sifat negatif kita angkat kedalam nilai-nilai kesucian, penuh kedamaian, cinta kasih.

3. Ngerupuk

Pada momen ini umat Hindu berupaya mencari titik keseimbangan lahir batin agar tidak tersesat dan lebih bijak. Sehingga mampu membedakan yang baik dan buruk.

4. Nyipeng/Sepi

Puncak dari perayaan Nyepi adalah Nyipeng/Sepi. Perayaan ini dilaksanakan selama 24 jam dan diikuti oleh seluruh umat Hindu. Umat diharapkan melaksanakan semua aturan. Dalam aturan ini ada 4 pantangan yg harus dilakukan yaitu tidak menyalakan api dirumah artinya mengendalikan hawa napsu. Yang kedua, amati lelungan yaitu tidak bepergian kemanapun. Ketiga, amati lelanguan berarti tidak menikmati hiburan apapun, betul-betul hening. Kecuali ditempat umum seperti rumah sakit, kantor TNI-POLRI. Keempat, amati karya yaitu tidak bekerja dalam artian tidak melakukan kegiatan aktifitas kehidupan seperti biasanya.

Sebagai Ketua Persatuan Hindu Darma Indonesia (PHDI) Wilayah Kabupaten Manggarai, Gede Cahya, berharap bahwa setelah menyelesaikan semua rangkaian kegiataan keagamaan ini, umat Hindu mampu untuk mengaplikasikan semua proses yang telah dilewati dalam kehidupan nyata. Sehingga relasi antar manusia dengan manusia dapat terjaga dengan baik.

Untuk diketahui umat Hindu yang berada di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur berjumlah 154 kk. Untuk sementara, umat Hindu  Manggarai Timur masih bergabung dengan Manggarai. Sedangkan untuk umat Hindu Manggarai Barat sudah ada tempat ibadah sendiri.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.