Berita  

Jaga Generasi Emas Bangsa,TP PKK dan Bunda Paud Kabupaten Manggarai Jalin Kerjasama Lintas Sektor

Manggarai, WaktoeNTT.Net – Maraknya bentuk kekerasan seksual menjadi perhatian penting bagi pemerintah dan masyarakat. Hal itu menunjukkan bahwa anak semakin rentan menjadi korban dari ancaman kekerasan seksual.

Untuk Kabupaten Manggarai, telah terjadi lima kasus kekerasaan seksual pada anak berdasarkan data dari

Berdasarkan data dari Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Manggarai, sepanjang tahun 2022.

banner 728x90

Hal inilah yang membuat TP PKK dan Bunda Baud Kabupaten Manggarai, ekstra kerja keras untuk mengedukasi para orantua, pentingnya menjaga generasi bangsa dari para predator seksual.

Dibawah pimpinan Ny. Meldyanti H. Nabit dan Ny. Florentina G. Ngabut terus berupaya untuk mengatasi kekerasan seksual pada anak.

Bersama Elnusa Consulting yang bernaung dibawah PT. Elnusa Mitra Niaga, TP PKK dan Bunda Paud menjalin kerjasama, mengedukasi kepada masyarakat manggarai tentang Pola Asuh (Parenting) di era digital dan pandemi Cov-19.

Kerjasama ini bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan baseline survey yang mengarah pada pengumpulan data serta pemetaan potensi serta pola asuh orang tua terhadap anak.

Kerjasama ini juga kemudian akan menjadi data dan informasi awal dalam pertimbangan penyusunan program lanjutan TP PKK dan Bunda PAUD yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ini mulai dari tingkat desa hingga kecamatan sebagai wujud langkah nyata menciptakan program yang tepat sasaran, adaptif dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut juga di hadiri seluruh Ketua TP PKK desa se-kabupaten Manggarai dan berlangsung secara bergelombang sejak 11 sampai 21 Juni 2022 di Aula Rumah Ret-ret Putri Karmel, Wae Lengkas, Langke Rembong.

Saat membuka kegiatan, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Nabit meminta kepada seluruh Ketua TP PKK Desa se-kabupaten Manggarai untuk aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peran orang tua dalam tumbuh kembang anak.

“Kita mau supaya sejak dini para orang tua diajarkan untuk menciptakan lingkungan aman untuk tumbuh kembang anak”, ujarnya.

Lebih lanjut Ny. Meldy Nabit mengatakan, Pemerintah Pusat telah memberikan anggaran yang tidak kecil untuk kabupaten Manggarai.

“tugas Kabupaten Manggarai adalah menyiapkan generasi. Kita menjalankan tugas penting demi masa depan, demi generasi emas negara ini. dengan menyiapkan generasi penerus yang mandiri, berdaya saing dan berpikiran maju,”katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Elnusa Consulting, Maria K. D. Sambang menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Manggarai karena telah melibatkan Elnusa Consulting dalam kegiatan pro-anak.

“apresiasi besar terhadap TP PKK Kabupaten Manggarai yang telah memulai banyak pergerakan dan melibatkan campur tangan lintas sektor yang terkait dalam mendukung beragam program yang pro-anak. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dalam usaha kita semua membentuk generasi Manggarai yang cerdas, mampu berpikir kritis, tangguh dan adaptif dalam menyongsong akselerasi era digital”, Ujar Maria K. D. Sambang

Maria juga berharap bahwa, tugas pola asuh terhadap anak-anak Manggarai harus ddmenjadi tugas dan tanggung jawab seluruh elemen yang terkait dengan proses kehidupan anak.

“tugas pola asuh terhadap anak-anak Manggarai tidak hanya menjadi tugas orang tua saja, tidak juga tugas PEMDA dan seluruh jajarannya, atau tugas sekolah saja tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh elemen yang terkait dengan proses kehidupan anak”,Tutupnya.

banner 728x90