Indahnya Pemandangan Kota Larantuka Dari Puncak Bukit Fatima

Flotim,WaktoeNTT.Net – Larantuka dikenal dengan berbagai wisata religinya yang luar biasa. Bagaimana tidak, hampir disetiap sudut kota terdapat begitu banyak kapela.

Bahkan, Nagi, sebutan untuk Larantuka, ada sebuah kerajaan yang hingga kini masih berdiri. Kerajaan yang identik sebagai kerajaan Katolik di Flores itu mempunyai adat yang kemudian membuat kota Reinha Rosari didatangi ribuan orang untuk mengikuti sebuah tradisi keagamaan.

Larantuka juga terkenal dengan tradisi peringatan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus yang tidak dimiliki kota-kota lain. Kota yang penuh dengan peninggalan Portugis ini mempunyai tradisi Trewa dan juga prosesi arak-arakan laut yang tidak ada di tempat lain.

banner 728x90

Namun terdapat salah satu spot Wisata Religi yang dapat dijadikan pilihan untuk menikmati kota Larantuka yaitu Bukit Fatima.

Bukit Fatima berada di Sandominggo Kelurahan Larantuka, kecamatan Larantuka, Kabupaten Flotim, Nusa Tenggara Timur.

Untuk menuju ke Bukit Fatima diperlukan waktu sekitar 5 menit dari pusat kota. Medan untuk menuju puncak Bukit Fatima tidak terlalu sulit, karena jalannya sudah hotmix. Bahkan, Para pengunjung bisa membawa kendaraannya langsung ke atas puncak bukit.

Yang membuat taman doa Bukit Fatima berbeda dengan taman doa lainnya adalah tempat para peziarah berdoa. Di taman ini para peziarah berdoa di dalam Kapel (Kapela Maria Fatima) yang dibangun pada tahun 2014 dan dibuka untuk umum.

(Kapela Maria Fatima, Foto:Alan Grasilan)

Di taman Bukit Fatima ini juga terdapat juga Salib Yubelium yang ditahtahkan pada tahun 2000.

Dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Larantuka sekaligus hamparan lautan yang dikelilingi oleh pulau Adonara dan Solor.

Selain bisa melihat pemandangan yang menyegarkan, pengunjung pun bisa menikmati sunset apabila cuaca mendukung.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan semilir angin dan udara segar yang akan membuat suasana semakin nyaman. Suasana yang sepi dan jauh dari keramaian kota membuat siapa saja yang berkunjung akan merasakan damai dan tenang.

“hampir setiap hari tempat ini ramai dikunjungi, baik yang dari dalam kota maupun pengunjung dari luar kota. Karena berada di atas ketinggian, tentu saja tempat ini sangat cocok untuk berdoa, karena suasananya yang sunyi dan nyaman. Namun Bukit Fatima tidak jauh berbeda dengan taman doa pada umumnya. Dimana pengunjung atau peziarah dapat berdoa secara pribadi dan lebih khusyuk,” kata Ando salah satu warga setempat.

Meskipun keberadaan dari Bukit Fatima sendiri berada jauh dari pusat perkotaan, namun apabila berkunjung ke Kota Larantuka, Bukit Fatima dapat dijadikan salah satu pilihan tempat spot foto dengan view pemandangan kota dan lautan ataupun sekedar berkunjung untuk menikmati udara segar dari pegunungan.

banner 728x90