Hepatitis Akut ‘Misterius’ Mengintai Masyarakat Indonesia, Ini Cara Mencegahnya!

WaktoeNTT.Net – Baru-baru ini, tersiar kabar terkait hepatitis misterius pada anak-anak membuat sejumlah orang tua khawatir.

Pasalnya, penyakit hepatitis misterius akut tersebut menginfeksi banyak anak di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia, yang belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022, sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta meninggal dunia dengan dugaan hepatitis akut.

Kejadian ini berlangsung dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Ketiga pasien merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran.

Namun, sejak dilaporkannya ada kasus hepatitis misterius di Indonesia yang membuat tiga pasien meninggal dunia, hingga artikel ini di tulis belum ada tambahan kasus serupa lagi.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

Nadia mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan kasus baru terkait hepatitis akut misterius di Indonesia.

“Belum ada tambahan suspek,” kata Nadia saat dihubungi Kompas, Rabu (4/5/2022).

Nadia mengatakan, penularan hepatitis biasanya terjadi melalui kontak dengan darah dan saluran pencernaan.

“Ini penularannya foodborne disease, ada tipe adenovirus dapat melalui saluran nafas,” ujarnya.

Dikutip dari laman resmi WHO, foodborne disease atau penyakit bawaan makanan disebabkan oleh kontaminasi makanan.

Kontaminasi bisa terjadi pada setiap tahap rantai produksi, pengiriman, dan konsumsi makanan.

Mencegah Hepatitis Misterius pada Anak

Lalu, bagaimana cara pencegahan yang bisa dilakukan agar Si Kecil terhindar dari hepatitis misterius tersebut?

Melansir Halodoc.com, hepatitis akut misterius bisa menjadi ancaman yang serius bagi anak-anak Indonesia, Kemenkes mengungkapkan beberapa cara mencegah hepatitis misterius pada anak yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Mencuci Tangan

Pastikan anak mencuci tangan secara rutin, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan. Dengan begitu, kuman seperti virus penyebab hepatitis yang mungkin saja menempel pada tangan anak bisa dihilangkan.

2. Pastikan Makanan dalam Keadaan Matang dan Bersih

Virus hepatitis juga bisa menular dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh tinja orang yang terinfeksi. Jadi, sebaiknya jangan biarkan anak jajan sembarangan.

Memberi Si Kecil makanan sehat yang dimasak sendiri di rumah merupakan salah satu cara mencegah hepatitis misterius pada anak yang bisa ibu lakukan. Dengan begitu, ibu bisa memastikan makanan yang dikonsumsi anak bersih dan matang.

3. Tidak Berbagi Alat Makan

Selain itu, mengajarkan Si Kecil agar tidak anak berbagi alat makan dengan orang lain juga merupakan bagian dari praktik kebersihan yang bisa membantu mencegah hepatitis misterius pada anak.

4. Menghindari Kontak dengan Orang Sakit

Untuk menghindari penularan hepatitis yang bisa terjadi melalui kontak langsung dengan cairan orang yang terinfeksi, sebaiknya Si Kecil tidak berada dekat-dekat dengan orang yang sedang sakit.

Selain melakukan tindakan pencegahan, orangtua juga perlu menjaga daya tahan tubuh anak dengan memberinya makanan bergizi seimbang dan konsumsi vitamin agar tidak mudah terserang penyakit.

banner 728x90