Gebyar Akhir Tahun Pelajaran, SMPN 4 Langke Rembong Luncur Aplikasi Baru

Manggarai, WaktoeNTT.Net – Gebyar Akhir Tahun Pelajaran tahun 2022, SMP Negeri 4 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Terpadu dan Berkelanjutan (SIM). Peluncuran dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Mangggari, Heribertus Ngabut, SH. pada Selasa (21/06).

Kepala UPTD SMP Negeri 4 Langke Rembong, Drs Resman Wenseslaus Yan mengatakan, Sistem Informasi Manajemen Terpadu dan Berkelanjutan merupakan suatu media penyimpanan (clouds storage) berbasis google drive yang terkoneksi dengan website Sekolah www.smp4langkerembong.id dan absensi online. SIM ini berisi semua administrasi dari delapan (8) standar pendidikan yang terdata dari tahun 2018 sampai dengan sekarang dan berkelanjutan.

Dikatakan, Selain itu SMP Negeri 4 Langke Rembong juga sudah memiliki aplikasi TABE (Tekun, Aktif, Belajar). Aplikasi ini merupakan aplikasi mandiri berbasis kodular berisi materi ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD) dan video pembelajaran yang terkoneksi dengan YouTube Sekolah.

banner 728x90

“Aplikasi TABE ini bisa digunakan secara online dan offline serta bisa diunduh di playstore. Aplikasi lainnya yang sudah kami buat adalah Spen4-0R-Abs dan e-Polly,” katanya.

Yan juga mengatakan, Spend-OR-Abs, merupakan aplikasi untuk absen online menggunakan kode batang OR sedangkan E-polly digunakan untuk pemilihan ketua OSIS secara online.

“Aplikasi ini sudah kami gunakan dalam pemilihan Ketua Osis Periode 2021/2022,” ungkapnya.

Yan menambahkan, sekolah ini juga sudah memiliki e-PPDB yang merupakan website untuk pendaftaran peserta didik baru. Selain itu, juga memiliki media online SMP Negeri 4 Langke Rembong yang digunakan untuk mewartakan berita secara online terkait semua kegiatan, aktivitas, ujian dan sebagainya melalui facebook SMPN 4 Langke Rembong.

“Kami juga sudah memiliki YouTube resmi SMPN 4 Langke Rembong dengan nama SMPN4LR-official. Di channel resmi ini dapat berbagai video kegiatan sekolah, video pembelajaran yang dibuat oleh guru dan juga video edukasi hasil terbaik dari peserta didik,” jelasnya

“Di samping itu juga ada JOMEL Protect yang merupakan channel YouTube yang dikembangkan oleh peserta didik dibawah bimbingan guru. YouTube ini berisi konten kreatif kegiatan keseharian peserta didik yang dikemas secara komedi,” katanya lagi.

Sementara Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, SH mengatakan, sebagai pemerintah tentu memberi respon positif terhadap sekolah ini dan para guru di SMP Negeri 4 Langke Rembong

“Pemerintah memberikan respon positif para guru yang ada di SMP Negeri 1 Langke Rembong. Teknologi merupakan bagian integral untuk bagaimana mendorong para guru dan murid dalam proses belajar mengajar bisa berjalan efektif dan efisien,” ujarnya.

Wabub Heri juga sampaikan, SMP Negeri 4 ini salah satu model yang mulai berpikir sama tentang teknologi untuk memudahkan sehingga membawa hasil yang diharapkan baik oleh para guru dan murid juga tentu oleh orang tua murid.

“Saya memberi penghargaan penghormatan terhadap manajemen sekolah. Semoga SMP negeri lain bisa belajar juga bagaimana membangun sebuah inovasi terutama di bidang pendidikan berteknologi,” pungkasnya.

Tempat yang sama juga ketua panitia pelaksana, Rodriques K. Tildy, S.Si menungkapkan, selain peluncuran SIM terpadu dan Berkelanjutan serta aplikasi-aplikasi yang lain, SMP Negeri 4 Langke Rembong dalam kegiatan Gebyar Akhir Tahun Pelajaran tahun 2022 juga diadakan Pameran Design Grafis, Pameran Media Pembelajaran dan hasil karya peserta didik, Olimpiade Nasional tingkat sekolah mata pelajaran IPA, Matematika, IPS dan Pkn, Vokal solo antar kelas serta permainan tradisional Rangkuk Alu dan Tenggara antar kelas untuk meningkatkan perilaku cinta budaya.

“Diharapkan melalui berbagai aktivitas yang telah kami buat dapat memberikan dampak positif bagi sekolah dan masyarakat luas terlebih bagi tulang punggung generasi penerus kita yakni para peserta didik,” tutup Tildy.

banner 728x90