Dukung Upaya Penanggulangan Stunting, Dinas Perikanan dan Kelautan Siapkan Benih Ikan Bagi Masyarakat

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan mencanangkan program pembagian benih ikan bagi masyarakat.

Program pembagian benih ikan bagi masyarakat merupaka salah satu program unggulan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manggarai yang akan di laksanakan dalam tahun 2022.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Hendrikus Sukur menjelaskan, program pembagian benih ikan tersebut selain sebagai program unggulan juga sebagai salah satu strategi untuk mencegah stunting.

“Pemkab Manggarai sekarang ini lagi genjot menanggulangi stunting, oleh karena itu kami di dinas perikanan sudah menyiapkan benih ikan bagi masyarakat. Karena salah satu cara menanggulangi stunting adalah lebih banyak mengkonsumsi protein dan protein paling murah adalah ikan”. Kata Hendrikus Sukur, Senin(21/02/22).

Lanjut dia, untuk mengantisipasi permintaan masyarakat terkait benih ikan, Dinas Perikanan dan Kelautan sudah menyiapkannya di balai benih ikan (BBI).

“kami sudah menyiapkannya di 3 balai benih ikan yaitu benih ikan yang berlokasi di KA Redong, kelurahan Rowang dan Iteng Kecamatan Satar Mese.”ungkapnya.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manggarai juga menyiapkan tempat cadangan khusus produksi benih ikan, apabila permintaan masyarakat banyak.

Penyiapan tempat cadangan tersebut dijalankan dengan memanfaatkan lahan masyarakat yang di namakan Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

Selain program pembagian benih ikan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manggarai juga mencanangkan program unggulannya di tahun 2022 ini, dengan menyiapkan beberapa unit Cest Freezer bagi pedagang ikan di pasar.

Dirinya menjelaskan, penyediaan Cest Freezer bagi pedagang ikan ini di rencanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya pembusukan ikan di pasar.

Menurut dia, beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha terkait penanganan produk perikanan yang termasuk kategori yang mudah rusak.  Sehingga diperlukan adanya alat tambahan untuk mengurangi rusaknya produk perikanan dan juga hal ini tidak ekonomis, serta menyebabkan produk perikanan cepat rusak seiring dengan mencairnya es yang disimpan bersama produk perikanan.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.