Dukung Pendirian Sekolah Baru, Ratusan Warga Kajong Turun Bersihkan Lahan

Manggarai, WaktoeNTT.Net – Ratusan warga masyarakat bergotong-royong membersihkan lokasi rencana pembangunan sekolah darurat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Reok Barat, yang berlokasi di Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (13/06/2022).

Pantauan Waktoentt.net, partisipasi warga Desa Kajong dalam membersihkan lahan seluas 3 (tiga) hektar lebih tersebut dikerjakan sejak pagi pukul 08.00 Wita sampai 13.00 Wita.

Ditemui di lokasi, ketua panitia pendirian sekolah, Endi Omon mengatakan, kegiatan bersih lokasi tempat pembangunan gedung sekolah baru merupakan salah satu syarat mendapatkan Surat Keputusan (SK) pendirian dan SK peneriman murid baru di SMKN 1 Reok Barat.

“Jadi tidaknya sekolah ini, tergantung kerjasama dan dukungan dari masyarakat Kecamatan Reok Barat,”ucapnya.

Ia pun mengapresiasi partisipasi dari warga yang hadir dalam proses kerja bakti, membersihkan lokasi rencana pembangunan ruang kelas sementara itu.

“Kehadiran warga saat ini membuktikan antusias masyarakat Reok Barat, menyambut SMKN 1 Reok Barat di Kecamatan Reok Barat,”ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Endi, masyarakat secara swadaya membangun tiga ruang kelas darurat tahun ini.

Sementara, Rm. Bernad Palus, yang merupakan penggagas awal terbentuknya SMKN 1 Reok Barat menjelaskan, semenjak di tugaskan di Paroki Kajong, dirinya menemukan banyak potensi yang ada di wilayah kecamatan Reok Barat.

Maka dari itu, lanjut Romo Bernad, wilyaha Reok Barat harus didirikan sekolah yakni Sekolah Menengah kejuruan (SMK).

Kedepannya kata, Romo Bernad, yang dibutuhkan adalah skill untuk bersaing dengan dunia global melalui teknologi.

“Kedepannya tanpa keterampilan atau skill orang tidak bisa bersaing secara global,” tegasnya

Terpisah, anggota DPRD Manggarai Fraksi Demokrat, Silvester Nado, mengaku sangat sangat mendukung dengan kehadiran SMKN 1 Reok Barat.

Kehadiran sekolah kejuruan, kata Sil Nado, merupakan suatu terobosan yang baru untuk masyarakat di Kecamatan Reok Barat.

“Ini terobosan yang baru dan peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kedepannya,” ungkap Politisi Demokrat, Sil Nado

Selain itu, kata dia, lokasi yang rencananya akan didirikan SMK itu sangat strategis, selain dekat dengan jalan raya, lokasi itu juga berada di lingkungan pendidikan.

“Lokasi SMKN 1 Reok Barat sangat strategis, karena berada satu kompleks dengan SMP Negeri,”ucapnya.

Dia pun berharap dengan kehadiran sekolah baru ini peserta didik yang baru lulus dari SMP khususnya di wilayah kecamatan Reok Barat, bisa melanjutkan sekolahnya di SMKN 1 Reok Barat.

banner 728x90