Dugaan Kasus Korupsi Dana Desa, Warga Lapor Mantan Kepdes dan PJS Compang Cibal ke Kapolres Manggarai

Ruteng,WaktoeNTT.Net – Sejumlah warga yang tergabung Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal, mendatangi Kapolres Manggarai, pada Jumat (04/03/22).

Kedatangan sejumlah warga desa Compang Cibal tersebut untuk melaporkan dugaan kasus korupsi Dana Desa yang dilakukan oleh mantan kepala desa, Agustinus Haman periode 2014-2019, Desa Compang Cibal.

banner 728x90

Mereka juga melaporkan mantan Pejabat Sementara (Pjs) desa Compang Cibal berinisial Fransiskus Odi terkait penggunaan dana desa sejak tahun 2020-2021.

“berdasarkan data yang kami kumpulkan, total kerugian negara sebesar Rp. 572.155.500 sejak tahun 2020-2021, dan itu hitungan kami. Soal berapa yang sebenarnya biarkan penegak hukum yang menyelidiki.”Ungkap Agustinus S. Paju selaku ketua kordinator Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Compang Cibal kepada Waktoentt.net.

Agustinus menjelaskan, laporan tersebut juga di sertai dengan bukti dan foto yang dikerjakan mantan Kepdes dan Pjs selama menjabat.

Menurut Agustinus, banyak proyek yang dilaporkan tidak sesuai dengan fisik yang di lapangan.

“Kami menduga ada manipulasi laporan keuangan tiap akhir tahun. Maka dari itu kami minta penegak hukum untuk memeriksa secara lengkap. Negara ini bisa hancur kalau dana desa hanya memperkaya pejabatnya,”tegasnya.

Pengerjaan proyek dana desa, lanjut Agustinus, tidak pernah disertai papan pengumuman, berisi nilai proyek, volume proyek, dan siapa yang mengerjakan.

Agustinus mencontohkan, salah satu proyek Fiktif di bawah kepemimpinan Fransiskus Odi yaitu proyek di kampung Cibal.

Pembangunan air minum bersih air minum (air minum kampung cibal) dengan anggaran dana desa tahun 2021 sebesar  Rp36.000.000,00. Bahkan proyek pembangunan tersebut dalam laporan sudah dinyatakan 100% dalam LPJ TAHAP 1 T.A 2021. Namun nyatanya di kampung cibal tidak ada kegiatan tersebut dan masih menggunakan air kotor.

Selain proyek pembangunan sarana air minum bersih, Agustinus juga mengatakan masih banyak Proyek pembangunan selama Pjs Fransiskus Odi memimpin desa Compang Cibal yang mangkrak dan syarat Korupsi.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.