Dispar Kabupaten Manggarai Gelar Festival Jazz Ruteng, Ivan Man Gandeng Musisi International

Manggarai,WaktoeNTT.Net – Bersama sederet musisi Internasional, Ivan Nestorman hadir untuk menghibur para pengunjung Festival Kopi Manggarai, Senin 01 Agustus 2022.

Penampilan musisi terkenal pada festival kopi itu, menjadi momentum yang istimewa di bulan Kemerdekaan Indonesia. Dengan dihadiri sederet musisi yang sudah melanglang buana di panggung hiburan jazz Eropa sampai Asia.

Salah satunya ,Nita Aarsten asal Bali yang berpengalaman selama 17 tahun sebagai seorang pianis di Istana Negara Republik Indonesia.

banner 728x90

Kolaborasi apik musisi jazz Neo-tradisi asal Manggarai dengan musisi Internasional lain saat itu menyita perhatian ribuan penonton datang dari berbagai kalangan masyarakat di Manggarai Raya.

Dalam nuansa eksotis di bawah langit malam kota Ruteng, gelora semangat penonton tampak riuh menikmati suasana pesta penghujung tahun, bagaikan perayaan detik berlalunya tahun pandemi.

Permainan tempo menyenangkan, paduan alat musik tiup terompet dan saxophon Ivan Man di atas panggung musik Internasional itu sungguh memikat. Sang maestro itu pun perlahan menyeret langkah penikmat musik menuju panggung utama, penuh semangat.

Harmonisasi nada dan irama, musik serta lagu Jazz bergenre Neo-tradisi dibawakan sang maestro Ivan Man, kesannya, seakan menyeret penonton menuju ruang dimensi terapi psikologis, setelah hampir dua tahun lamanya hidup terperangkap aturan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah akibat kian mewabahnya pandemi Covid 19 di tanah air.

Keindahan musik Jazz Neo-tradisi Ivan Man begitu memikat para penikmat musik Jazz di kota kecil yang dingin itu, untuk bergegas melangkah dari susana terperangkap PSBB menuju nuansa eksotis penuh keceriaan dibulan Kemerdekaan Republik Imdonesia.

Para pelaku ekonomi kreatif pun turut ambil bagian dalam jalannya acara tersebut, mulai dari kuliner hingga berbagai produk hasil karya seni kelompok-kelompok ekonomi kreatif yang ada di Manggarai.

Para pelaku ekonomi kreatif pun turut ambil bagian dalam jalannya acara tersebut, mulai dari kuliner hingga berbagai produk hasil karya seni kelompok-kelompok ekonomi kreatif yang ada di Manggarai.

Saat ditemui usai kegiatan itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Manggarai, Ilfridus Buntanus menjelaskan, pargelaran musik bertajuk Ruteng Jazz diselenggarakan atas dukungan dari pihak Kemenparekraf. Event itu, jelasnya, merupakan ajang promosi destinasi wisata di Kabupaten Manggarai.

”Festival Jazz, menjadi event musik tahunan yang ke 2 di kabupaten Manggarai. Festival diharapkan dapat menghibur para wisatawan dan masyarakat Manggarai khususnya serta mendorong kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha UMKM, merchandise dan promosi destinasi wisata di Kabupaten Manggarai” katanya.

Antusias masyarakat manggarai yang luar biasa dalam acara itu menjadi indicator kebangkitan ekonomi di Manggarai.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mengalokasikan anggaran sebesar Rp9,2 triliun untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun 2022.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk kepentingan dan belanja pusat senilai Rp6,5 triliun. Sisanya senilai Rp2,8 triliun untuk transfer ke daerah.

banner 728x90