Darurat Listrik, GMNI Manggarai, APM Bersama Masyarakat Tuntut Keadilan Perluasan Jaringan Listrik

Manggarai,WaktoeNTT.Net – Ratusan orang yang terdiri dari Gerakan Nasional Mahasiswa Indonesia (GMNI), dan Aliansi Pemuda Manggarai (APM) bersama masyarakat asal Dusun Wakal, Desa Ketol, Kecamatan Cibal menggelar aksi demo di depan Kantor Bupati Manggarai, Pada Rabu(29/06/22).

Kedatangan mereka untuk menuntut keadilan terkait perluasan jaringan listrik di Dusun Wakal yang sejak dulu sampai sekarang, tidak mendapatkan keadilan layaknya desa-desa lain di Kabupaten Manggarai.

Bukan tanpa sebab, pada tahun 2015 dan 2019 masyarakat Dusun Wakal bersama Pemda Manggarai dan DPRD, melakukan upaya diplomasi politik untuk meminta perluasan jaringan listrik, namun tidak menuai hasil.

banner 728x90

Tidak sampai disitu, dengan harapan yang besar, masyarakat dusun Wakal kembali hadir pada tahun 2021 dengan membawa proposal permohonan perluasan jaringan kepada pihak PLN Ruteng dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai.

Namun semua usaha yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Wakal, Desa Ketol, Kecamatan Cibal tidak membuahkan hadil dan semuanya itu telah sirna oleh janji-janji palsu dari pihak PLN dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai.

“Bapak Bupati Manggarai yang kami hormati, dalam Alinea ke IV UUD 1945 telah menjamin bahwa, negara harus mampu memajukan kesejahteraan umum yang kemudian diatur lebih lanjut dalam undang-undang nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan pada pasal 2 ayat 2 mengatakan bahwa, Pembangunan Ketenagalistrikan bertujuan untuk menjamin ketersedian tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik dan harga yang wajar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,”Ucap Rino Padur, salah satu orator.

“keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya Rakyat Manggarai, tapi kenapa masyarakat Dusun Wakal, Desa Getol, Kabupaten Manggarai di anak tirikan?kehadiran masyarakat Wakal hari ini merupakan bentuk kekecewaan karena sudah berkali-kali diberikan janji-janji manis,”tambahnya lagi.

“Habis Gelap Terbitlah Terang, tetapi Masyarakat Wakal Selalu Gelap,” sambungnya lagi dalam menyampaikan aspirasi di depan Kantor Bupati Manggarai.

Dalam aksi damai tersebut, masyarakat Wakal, menyampaikan beberapa tuntutan terhadap Pemda Manggarai, DPRD dan PLN antara lain :

1. Mendesak PLN Ruteng untuk segera memperluas jaringan listrik ke dusun Wakal, Desa kentol, Kecamatan Cibal selambat-lambatnya pada akhir tahun 2022,

2. Segera mengevaluasi sistem kerja PLN Ruteng yang kurang peka terhadap sistem pelayanan PLN karena dianggap lambat dalam merespon keluhan masyarakat,

3. Mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai untuk menempati janji perluasan jaringan listrik di dusun Wakal, Desa Kentol, Kecamatan Cibal pada awal tahun 2022.

banner 728x90