Dalam Rangka Menyambut Program Literasi, Lembaga Pendidikan SDI Mbongos Bangun Taman Baca Bagi Anak

Manggarai, WaktoeNTT.Net – Lembaga Pendidikan SDI Mbongos, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, melakukan survei lokasi pembangunan Taman Baca bagi anak-anak.

Survei lokasi pembangunan taman baca tersebut melibatkan pengurus Komite Sekolah dan Pemerintah Desa Lalong.

banner 728x90

Irenius Wilfridus Lendra, selaku Kepala Sekolah yang baru 2 bulan memimpin lembaga pendidikan SDI Mbongos itu mengatakan, tujuan pendirian taman baca tersebut dalam rangka meningkatkan minat baca bagi anak-anak dan menyambut program literasi oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Kepsek Wilfridus menjelaskan, pendidikan merupakan suatu upaya dalam mengembangkan potensi diri seseorang melalui proses pembelajaran. Sementara pembelajaran itu pun tidak terlepas dari kegiatan membaca.

“Membaca adalah cara untuk membentuk generasi muda yang berwawasan luas, kreatif, dan inovatif, sehingga mampu menghadapi dan menyelesaikan tantangan di masa yang akan datang,”ungkap Wilfridus kepada waktoentt.net, Jumat(08/04/22).

Menurut dia, Budaya literasi merupakan kecakapan hidup yang diperlukan di abad ke-21 yang harus dimiliki generasi penerus bangsa. Hal tersebut harus dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, kemudian sekolah, sampai dengan lingkungan masyarakat.

“Abad ke-21 membutuhkan anak-anak yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. Abad ini menuntut orang tua untuk mendampingi anak-anaknya mampu menguasai kecakapan beragam literasi (multiliterasi), salah satunya dengan menyediakan taman baca bagi anak-anak, khususnya di desa lalong”katanya.

Dirinya mengatakan, taman baca yang akan dibangun rencananya diperuntukan bagi siswa-siswi SDI Mbongos.

“Disekolah memang ada perpustakaan, namun akibat pandemi Covid 19 masih banyak anak- anak sekolah yang belum bisa membaca dan menulis, sehingga dengan adanya taman baca ini, anak-anak masih bisa manfaatkan waktu untuk membaca saat sore hari”,katanya.

“Dan hasil diskusi kami dari sekolah bersama Pater Mikael Ndaeng,SDV selaku pimpinan biara Vocationis Father Golo Bilas, adik-adik aspiran akan siap membantu untuk memberikan peneguhan dari sisi kerohanian bagi anak-anak ketika berada di taman baca pada sore hari”tambahnya lagi.

Selain bagi anak sekolah, taman baca tersebut juga diperuntukan bagi anak-anak usia pra sekolah dan bagi yang sudah putus sekolah yang ada di Desa Lalong.

Adapun lokasi pembangunan taman baca tersebut menggunakan salah satu unit rumah dinas guru yang tidak terpakai berukuran 6 x 8.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.