Berita  

Camat Emil Minta Perangkat Kecamatan Langke Rembong Untuk Pahami Uraian Tugas Masing-Masing

WaktoeNTT.Net – Setiap PNS, khususnya para kepala seksi dan kepala sub bagian pada dasarnya sudah memiliki uraian tugas sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Bupati Manggarai tentang Kecamatan.

Pesan tersebut disampaikan Camat Langke Rembong, Yohanes E. A. Ndahur, saat menggelar rapat bersama para Kepala Seksi, para Kepala Sub Bagian dan fungsional umum lingkup pemerintah Kecamatan Langke Rembong, di ruang kerja Camat Langke Rembong, Pada Selasa(15/02 21).

banner 728x90

Dalam rapat tersebut, Camat Emiliano Ndahur menyampaikan beberapa hal penting terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi atau lazim disebut dengan uraian tugas.

Karena itu, setiap pejabat harus mendalami setiap uraian tugas tersebut. Demikian pula dengan pejabat fungsional umum lainnya (staf).

Hakekat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yg ditandatangani setiap PNS pada awal tahun adalah komitmen rencana kerja setiap PNS yang diperjanjikan dengan atasannya.

Menurut dia, tidak benar kalau saat ini PNS tidak ada kerja. Paradigma saat ini adalah setiap PNS mencari dan menemukan kerjanya sendiri berdasarkan uraian tugas jabatan, rencana kerja peragkat daerah dan program kerja yang ada di dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) unit.

“Jadi tidak ada lagi kerja tunggu diberikan atasan. SKP dan Penilaian Kinerja Pegawai (PPK) saat ini menuntut kreativitas dan sikap proaktif setiap PNS menyiapkan rencana kerja tahunan PNS berdarkan uraian tugas, rencana kerja OPD dan DPA” katanya.

“Jadi kenalilah dan pahamilah uraian tugas masing-masing. Bahwa dalam kerja nantinya kita kerja bersama karena saat ini tidak ada lagi istilah _one man show_ akan tetapi setiap PNS tetap harus kenali dulu uraian tugasnya,”tambahnya lagi.

Dalam kesempatan itu pula setiap kepala seksi dan kepala sub bagian diminta untuk mendeskripsikan uraian tugas dan pekerjaan yang dilaksanakan selama ini untuk memudahkan arahan ataupun disposisi surat-surat kedinasan yang ada.

Disampaikan pula bahwa hakekat kerja perangkat kecamatan adalah mendukung pelaksanaan tugas Pemerintahan Umum. Urusan pemerintahan umum di kecamatan merupakan Tugas Camat dalam melaksanakan urusan yang merupakan kewenangan Presiden di kecamatan.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 10 PP 17 Tahun 2018 jo Psl 9 ayat (5) UU 23 Tahun 214. Karena itu tugas perangkat kecamatan tidak bisa dianggap sepele. Kehadiran pemerintah di tengah masyarakat diwujudkan dengan kehadiran perangkat kecamatan.

Karena itu, selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Bupati Manggarai, perangkat kecamatan juga bertanggung jawab atas pelaksanaan urusan Pemeritahan Umum. Dengan demikian, kerja-kerja kemitraan dalam konteks Pemerintahan Umum wajib dilaksanakan.

“Buka pintu selebar-selebarnya dengan berbagai pihak yang memiliki niat baik untuk membagun dan memberdayakan masyarakat”, tutup pria yang akrab disapa Emil.

Sebelumnya dalam Apel Pagi perangkat kecamatan, Sekretaris Camat Langke Rembong, Paulus Kasmuri Gani, dalam amanatnya menyampaikan agar dalam kerja administrasi setiap ASN harus mengacu pada tata naskah dinas yang berlaku. Apresiasi juga diberikan pula atas disiplin kerja yang telah ditunjukkan termasuk dalam kegiatan apel pagi. Perhatian serius juga perlu diberikan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Setiap kita harus mampu menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan di Kantor. Ketika ada tamu yang berkunjung, kita terima dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker dan cuci tangan menggunakan _hand sanitizer_” tutup pria lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2009.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.