Bupati Manggarai : Air Laut Naik Pasca Gempa 4,9 Magnitudo di Reok itu Hoax

WaktoeNTT.Net – Bupati Hery Nabit memberi tanggapan terkait air laut naik di wilayah Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai pasca gempa yang terjadi pada Senin(28/01/22), pukul 23.30 Wita.

Pasalnya gempa berkekuatan 4,9 Magnitudo sempat membuat warga Kecamatan Reo di buat panik dengan beredarnya kabar bohong  (hoax) air laut naik.

(Warga yang panik akibat info air laut naik, Sumber foto : Labuan Bajo Terkini)

Kabar yang tak jelas sumbernya ini seketika beredar di tengah warga beberapa menit pasca gempa bumi yang kembali mengguncang wilayah Manggarai.

Namun agar tidak melebar dan menimbulkan Kepanikan, Bupati Hery yang pada sore hari tadi baru tiba dari Reo, langung memberi klarifikasi.

Berikut Klarifikasi Bupati Manggarai, terkait adanya Kabar bohong (Hoax) air laut naik di Kecamatan Reo :

1) Informasi mengenai Air Laut Naik yang beredar pasca Gempa Bumi yang baru saja terjadi adalah KABAR BOHONG (HOAX), sekali itu KABAR HOAX;

2) Bahwa pada pukul 22.16.58 Wita betul terjadi Gempabumi berkekuatan Magnitudo 4.9, dan Gempabumi tersebut juga dirasakan di Ruteng.

3) Episenter terletak pada koordinat 8,12° LS; 120,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km timur laut Ruteng Manggarai, NTT pada kedalaman 10 km.

4) Bupati Manggarai, telah memerintahkan Jajaran Pemerintah Kecamatan Reok bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan untuk mengecek secara langsung kondisi air laut di sekitar Reo, dan hasilnya TIDAK BENAR ADANYA AIR LAUT NAIK;

5) Camat Reo bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan diminta untuk melakukan Patroli keliling, mulai pukul 23.00 WITA sampai besok pagi.

6) Karena Informasi AIR LAUT NAIK adalah KABAR BOHONG alias HOAX, diminta kepada masyaralat untuk tetap Tenang dan tidak boleh panik.

7) Bagi warga masyarakat di Kecamatan Reok yang sudah atau bersiap-siap untuk meninggalkan Rumah, disarankan untuk tetap tenang ikuti arahan pemerintah yang akan terus melakukan pemantauan pasca gempa bumi;

8) Semua memang waspada, himbauan dan peringatan pasti akan datang dari aparat pemerintah jika terjadi sesuatu yang berbahaya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.