Bupati Hery Nabit: Ruas Jalan Wela – Cancar Diperbaiki Sementara Tahun Depan, Sambil Menunggu Alih Statusnya Selesai

WaktoeNTT.Net – Pemerintah Kabupaten Manggarai telah mengusulkan status jalan Wela -Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, jadi jalan Provinsi.

Hal itu disampaikan Bupati Hery Nabit kepada Waktoentt.net, usai mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat saat berkunjung ke Desa Persiapan Bangka Wela, Selasa(19/04/22).

banner 728x90

Bupati Hery menjelaskan, ruas jalan tersebut merupakan jalur strategis lalu lintas perdagangan dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai.

(salah satu titik ruas jln. Wela-Cancar yang sempat diperbaiki oleh sejumlah Masyarakat bersama Plt. Camat Ruteng(Lodovikus D. Moa) tahun lalu, Foto:Istimewa)

Dia mengatakan, sejumlah wilayah di Manggarai Barat seperti kecamatan Kuwus, Kuwus Barat, Ndoso, Pacar, Macang Pacar, Welak, dan kecamatan Boleng, secara geografis dekat dengan Ruteng, sehingga hampir seluruh kegiatan ekonomi dan perdagangan seperti menjual hasil komoditas pertanian masyarakat di wilayah itu, lebih mudah dijual ke kota Ruteng.

“Ini jalur penghubung paling strategis untuk dua Kabupaten ini. Mobilisasi masyarakat yang melintasi jalur ini cukup tinggi. Karena itu, kondisi infrastruktur harus mendukung demi kelancaran kegiatan ekonomi masyarakat. Jangan dibiarkan terhambat,” katanya.

“pak Gubernur sudah sampaikan didepan masyarakat Gendang Wela kalau jalan tersebut akan dialihkan statusnya, dengan pertimbangan jalur itu merupakan jalur strategis yang menghubungkan Kabupaten Manggarai Barat dan Mangggarai, demi kelancaran kegiatan ekonomi masyarakat”,tambahnya lagi.

Maka dari itu, lanjut dia, sambil menunggu proses alih status selesai, pemkab manggarai akan memperbaiki sejumlah titik yang rusak parah.

“sambil kita menunggu proses alih statusnya selesai, tahun depan kita akan mulai perbaiki dulu beberapa titik yang rusak parah”,tutup Bupati Hery Nabit.

Diketahui, saat ini, jalan provinsi hanya sampai di perbatasan, persis di Golowelu dan kampung Wela. Sementara dari Wela sampai Cancar, masih berstatus jalan Kabupaten.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.