Buka RAT XXIII Kopdit Mawar Moe, Bupati Hery Nabit ; Koperasi Sehat, Masyarakat Sejahtera

WaktoeNTT.Net – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, membuka secara resmi Rapat Akhir Tahun (RAT) XXIII Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Mawar Moe di Aula Asumpta Katedral Ruteng, Pada Sabtu (26/02).

Dalam sambutannya, Bupati Hery menyampaikan usia KSP Kopdit Mawar Moe, dalam kategori manusia sudah dewasa karena berusia 23 tahun.

“Kita bersyukur dalam kedewasaan itu sudah semakin banyak yang terlayani. Bahwa ada sebagian yang berhenti di tengah jalan, patah tumbuh hilang berganti, ada yang pergi ada yang datang. Kita percaya bahwa dari perjalanan koperasi ini, yang datang dengan niat baik, yang pergipun akan mendoakan kita semua,” ujarnya.

Sebab itu, Bupati Hery menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus, pengawas, managemen KSP Mawar Moe, yang sudah membantu ribuan masyarakat Manggarai dalam menghadapi kesulitan.

“Saya tahu ada banyak hal yang sudah dilakukan oleh koeprasi manapun di Manggarai ini. Kami bersyukur karena beberapa tahun belakangan, koperasi di Manggarai sudah mulai bergerak untuk usaha-usaha produktif dan membiayai modal usaha untuk para anggota,” katanya.

(Bupati Hery saat memberikan hadiah kepada anggota KSP. Mawar Moe, Sumber foto : Prokopim Manggarai)

Menurut Bupati Hery, ini satu langkah yang lebih baik lagi. Untuk pembiayaan usaha dan modal kerja anggota, sebab itu ia menyarankan supaya dihitung dengan baik karena apapun juga mengandung resiko di situ.

“Resiko ini harap bisa diperhitungkan, sehingga tidak membahayakan keberlangsungan maupun kesehatan keuangan koperasi,” pungkas Bupati Hery.

“Kami mengajak kita semua untuk menyebarluaskan kebaikan, kalau kita mendapatkan pelayanan yang baik di koperasi, maka tugas kita untuk promosikan tentang itu. Supaya semakin banyak orang yang menjadi lebih baik,” tambahnya.

Dirinya juga berpesan untuk bijak mengelola keuangan, tentu kebutuhan kita sangat bayak. Di koperasi seperti ini kita bisa bicarakan semuanya dengan baik.

“Harapan kami sebagai Pemerintah Kabupaten Manggarai kami titipkan dan doa kami supaya mudah-mudahan koperasi ini akan tetap menjadi koperasi yang sehat di sepanjangan tahun ini,” ungkapnya.

Karena kalau koperasi ini dan koperasi lain juga sehat, maka kehidupan masyarakat Manggarai akan jadi lebih baik.

Dikatakan, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah, dan berharap kepada orang atau lembaga lain yang bisa melakukan itu.

“Khusus untuk KSP Mawar Moe, kita berharap akan bertumbuh dengan baik, bahwa situasinya sulit dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada tahun ini. Tapi doa dan harapan kami semua agar koperasi ini tetap bisa bertumbuh dengan sangat baik,” tutupnya.

Ketua KSP Kopdit Mawar Moe, Yos Sudarso menjelaskan, kegiatan RAT merupakan kebutuhan anggota dalam sebuah organisasi koperasi, yang diperkuat dengan UU Koperasi Nomor 25 tahun 1992.

Ini menjadi kesempatan bagi pengurus dan pengawas, menyampaikan hasil kerja selama tahun buku sekaligus menyampaikan rencana kerja satu tahun berikutnya kepada anggita sebagai pemilik koperasi.

Kopdit Mawar Moe mengalami perubahan signifikan pada tahun 2021, yakni anggota sebanyak 5.012 orang dibanding tahun 2020 hanya 4.217 orang. Anggota tersebut menyebar di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

“Dari kumpulan hati yang tulus dan ikhlas untuk menolong diri sendiri dan sesama, sehingga dapat mengikat diri dengan total kekayaan aset bersama menjadi 25,7 miliar,” katanya.

Yos juga meminta dukungan pemerintah dalam perjalanan koperasi KSP Kopdit Mawar Moe ke depannya.

Untuk diketahui, hasil penilaian kesehatan KSP Kopdit Mawar Moe oleh Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi NTT untuk tahun buku 2021 mendapat skor 81,75 dengan predikat sehat.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.