BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Sejumlah Daerah

WaktoeNTT.Net – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bagi wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Melansir akun twitter @BMKG, Awal musim hujan 2021/2022 di sejumlah wilayah terjadi pada bulan Oktober dan November 2021.

Sedangkan puncak musim hujan 2021/2022 di sebagian besar wilayah Zona Musim (ZOM) diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

Sehingga tak heran saat ini di beberapa wilayah mengalami hujan sangat lebat karena tengah berada di puncak musim penghujan. Hujan lebat di sejumlah wilayah juga berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir bandang. Menurut pengamatan BMKG akhir musim penghujan diprediksi akan terjadi pada April hingga Mei mendatang.

BMKG memprediksi sejumlah daerah yang akan mengalami hujan lebat,petir di sertai angin kencang terjadi pada februari 2022. Daerah tersebut antara lain Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Karena kita tidak pernah tahu kapan tepatnya bencana itu akan datang. Mengingat saat ini hampir setiap hari hujan datang di beberapa wilayah.

Jika kamu berkendara saat terjadi hujan lebat, alangkah baiknya kamu mencari tempat yang aman untuk berteduh. Karena berbahaya jika kamu melanjutkan perjalanan di tengah hujan lebat yang melanda.

Berkendara saat hujan lebat tidak dianjurkan karena jarak pandang akan berkurang. Sehingga jalanan tidak terlalu terlihat oleh mata. Selain itu, ada bahaya lain seperti pohon tumbang, jalanan tergenang hingga banjir, adanya petir dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tetaplah berhati-hati dan waspada ketika hujan lebat tiba.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.