Blog  

5 Tradisi Perayaan Unik Paskah di Berbagai Negara, Penasaran?

WaktoeNTT.Net – Paskah menjadi salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu umat Kristiani. Mereka bisa berkumpul keluarga dan menikmati makanan yang lezat bersama. Tak hanya itu, terdapat pula berbagai tradisi yang dilakukan agar perayaan makin meriah.

Hampir sebagian besar acara perayaan Paskah di dunia dilaksanakan di gereja, rumah-rumah penduduk, hotel dan tempat peristirahatan, dimana mereka memberikan pelayanan khusus bagi Umat Kristiani yang ingin merayakan Paskah.

banner 728x90

Namun, dibeberapa negara perayaan Paskah dilaksanakan dengan cara yang berbeda bahkan bisa dibilang unik demi memperingati kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Penasaran? simak beberapa tradisi Paskah yang dirangkum dari berbagai negara.

1. Scoppio del Carro’ atau ‘ledakan gerobak’ Florence, Italia

(Pesta Kembang Api, Foto:Istimewa)

Scoppio del Carro’ atau ‘ledakan gerobak’ telah diselenggarakan sejak 350 tahun lalu.
Ledakan gerobak dimana sebuah gerobak hias berisi kembang api dan petasan diusung bersama arak-arakan penduduk lokal yang berkostum ala abad ke 15. Parade ini akan berakhir di depan katedral, kemudian Uskup Florence menyalakan seluruh lampu katedral selama Misa Paskah berlangsung, disusul ledakan kembang api dan petasan dari gerobak tersebut, ini merupakan tradisi kuno sejak Perang Salib pertama sekaligus mendoakan panen yang baik tahun ini.

2. Pesta kostum di Finlandia untuk merayakan Paskah

(Anak-anak memakai kostum layaknya penyihir, lucu bukan?)

Tidak hanya Halloween, perayaan Paskah di dunia juga ada yang mengadakan pesta kostum.
Di Finlandia, anak-anak kecil terutama yang perempuan biasanya akan mengenakan kostum Penyihir Paskah dengan riasan warna merah di pipinya.
Mirip dengan perayaan Halloween, anak-anak akan mengetuk pintu tetangganya kemudian menyanyikan lagu keberkatan dan mendapatkan coklat Paskah sebagai imbalannya.

3. Setiap tahun, Prancis selalu merayakan Hari Paskah di Alun-alun dengan telur dadar raksasa. Dibuat dengan 4.500 telur dan bisa dinikmati hingga 1.000 orang.

Masyarakat Haux, Prancis memiliki tradisi yang berbeda. Mereka akan menyediakan omelet yang dibuat dari sekitar 4.500 butir telur ayam dan bisa disantap sekitar 1.000 orang. Semua orang yang berada di alun-alun utama kota dapat menikmatinya.

4. Di Luksemburg, perayaan Paskah dilakukan dengan berbagi pretzel. Laki-laki memberikan kue tersebut kepada perempuan yang disukai, kue ini sebagai simbol cinta.

5. Saat Paskah, tradisi menyiram juga terjadi di Hungaria, tapi isinya parfum. Mereka percaya ini bisa membersihkan dan meningkatkan kesuburan.

 

Itulah beberapa bentuk perayaan Paskah dari berbagai negara yang unik.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.