21 TKI Ilegal Gagal Diselundupkan ke Kalimantan Timur

WaktoeNTT.Net- Sebanyak 21 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Belu dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dicekal petugas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Flotim. Ke 21 TKI tersebut hendak berangkat ke Kalimantan Timur melalui penyeberangan laut di Larantuka, Kabupaten Flores Timur tanpa dokumen.

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Flotim, Moh Ikram mengatakan, para TKI itu mulanya dijanjikan berangkat menggunakan pesawat namun dibatalkan oleh perekrut.

banner 728x90

“Para TKI sudah berada di Larantuka tiga hari lalu. Mereka menunggu jadwal Kapal Lambelu,” ujar Moh Ikram.

Lebih lanjut Ia jelaskan, 21 TKI itu dikabarkan akan mendapat pekerjaan di PT muara Citra Lestari, salah satu perusahan kelapa sawit yang berkedudukan di Kalimantan Timur.

“Mereka direkrut Marianus yang saat ini sudah melairikan diri. Kalau dia agen dari perusahaan besar tidak mungkin melarilan diri,” Ungkap Ikram.

Moh Ikram menegaskan, pemerintah pasti membuka ruang dan melayani semua masyarakat sehingga tidak menimbulkan persoalan di tempat perantauan. Mengingat kasus buruh migran semakin marak, Ia berharap agar calon TKI harus persiapkan dokumen resmi sebelum berangkat menuju tempat perantauan.

“Sekarang banyak persoalan buruh migran kita yang dipulangkan dari malaysia karena pergi merantau non prosedural. Di semua daerah ada kantor dinas. Jadi, manfaatkan secara baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Antonius Soter Bere Mau (37) salah seorang tenaga kerja itu mengaku, mereka direkrut menjadi tenaga kerja oleh Marianus Kule. Karena dijanjijan dengan lapangan kerja yang bagus dan karena ongkos transportasi gratis dirinya pun ikut daftar.

“Kami rencana berangkat ke Kalimamtan Timur untuk bekerja dan semua ongkos jalan ditanggung oleh Marianus,” ujarnya.

Dihadapan awak media, di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Flores Timur, Antonius mengaku baru pertama kali merantau melalui jalur tanpa prosedural.

“Baru pertama kali pak. Ya, saya bersyukur karena pemerintah akan tanggung uang transport pulang kampung, ke kampung” tutupnya.

 

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.