๐—ช๐—ฎ๐—ฏ๐˜‚๐—ฝ ๐—›๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ ๐—›๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ฎ๐˜๐˜‚ ๐—ง๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป ๐— ๐—ฃ๐—– ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—น๐—ฎ ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ถ

WaktoeNTT.Net – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, menghadiri acara peringatan satu tahun terbentuknya Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Manggarai, Minggu (16/1) pagi, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Manggarai Heriberto Apriliano Iruk, menjelaskan bahwa secara nasional HUT Pemuda Pancasila digelar setiap 28 Oktober. Sedangkan kegiatan hari ini, jelasnya, untuk memperingati terbentuknya MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Manggarai yang Pertama.

banner 728x90

“(Peringatan) HUT secara nasional nanti akan kami lakukan setiap 28 Oktober, tapi kegiatan hari ini untuk memperingati bentuknya MPC PP di Manggarai,” katanya.

Dikatakan, Pemuda Pancasila berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam melawan upaya sekelompok orang atau paham yang menggangu Pancasila dan siap mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Sementara Wabup Heri dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemuda Pancasila secara nasional sudah berkontribusi besar untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

HUT Pertama MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Manggarai diharapkan menjadi momentum kilas balik spirit para pendahulu yang telah mendirikan Pemuda Pancasila.

Dikatakan, secara nasional Pemuda Pancasila sudah lahir sejak rezim pemerintahan orde baru yang didirikan oleh Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Saat itu dibentuk untuk melawan kelompok yang mencoba merongrong dasar Negara Indonesia yakni Pancasila.

“Ini adalah satu organisasi kemasyarakatan yang kalau kita kilas balik sejarahnya, ini ormas yang sangat maha hebat. Saat berdirinya organisasi ini, negara dalam situasi genting, sehingga tidak bisa tidak pemuda juga adalah energi,” katanya.

Pemuda, menurut Wabup Heri, adalah generasi penerus, dan memiliki peran melanjutkan estafet kepemimpinan. Sebab, energi bangsa dan negara ini ada pada orang muda.

“Sebuah kekuatan positif untuk sama-sama dengan seluruh elemen masyarakat pada level manapun, apalagi pada konteks negara. Orang muda adalah energi bangsa,” katanya.

“Tapi jangan sampai yang lebih tua dilupakan, karena mereka sudah mencetak sejarah kehidupan,” tambahnya lagi.

Wabup Heri berharap, nilai-nilai Pancasila harus menjadi pertaruhan kehadiran organisasi Pemuda Pancasila di Kabupaten Manggarai ke depannya.

Pemuda Pancasila juga diminta untuk membangun diskusi dengan Pemerintah, juga memberikan energi positif terhadap pemerintah, untuk bahu membahu mewujudkan Visi dan Misi Pemkab Manggarai.

“Melestarikan nilai Pancasila sebagai dasar negara. Kalau awal berdirinya Pemuda Pancasila untuk melindungi NKRI dari rongrongan pihak lain. Sekarang diminta untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang tetap dalam koridor mempertahankan NKRI,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan iniย  Kepala Kesbangpolda Kabupaten Manggarai, Kasat Pol PP Kabupaten Manggarai, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Manggarai, dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten Manggarai.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.